NASIONAL

BPS: April Deflasi 0,1 Persen

"KBR68H, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada April 2013 terjadi deflasi sebesar 0,10 persen."

BPS: April Deflasi 0,1 Persen
bps, deflasi, april

KBR68H, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada April 2013 terjadi deflasi sebesar 0,10 persen. Kepala BPS Suryamin mengatakan, deflasi terjadi akibat adanya penurunan harga bahan makanan. BPS mencatat ada 38 kota yang mengalami deflasi dan 28 kota lain mengalami inflasi. .

"Penyebab utama deflasi yang pertama adalah bawang putih, bawang putih sudah turun drastis, dengan andil -0,18%. Sehingga penurunannya 25,6%. Persediaan atau stok bawang putih sekarang sudah cukup, terjadi penurunan di 62 kota IHK (Indeks Harga Konsumen)" Kata Suryamin di Gedung BPS.

Kepala BPS Suryamin menambahkan, tingkat deflasi paling tinggi terjadi di kota Maumere, NTT sebesar 1, 2 persen. Sedangkan Inflasi tertinggi terjadi di kota Padang Sidempuan sebesar 0,8%. Sebelumnya BPS mencatat angka inflasi Maret 2013 berada di angka 0,63 persen. Angka inflasi lebih rendah dari Februari 2013 yang berada di angka 0,75 persen.

  • bps
  • deflasi
  • april

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!