Apindo: Bantuan Sosial Sebagai Kompensasi Kenaikan Harga BBM

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan kompensasi dari kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak dialihkan ke peningkatan program sosial lainnya, seperti beasiswa dan jampersal.

NASIONAL

Rabu, 22 Mei 2013 21:29 WIB

Author

Abu Pane

Apindo: Bantuan Sosial Sebagai Kompensasi Kenaikan Harga BBM

apindo, kompensasi, kenaikan bbm, portalkbr

KBR68H, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan kompensasi dari kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak dialihkan ke peningkatan program sosial lainnya, seperti beasiswa dan jampersal.

Ketua Apindo Sofyan Wanadi mengatakan pilihan tersebut bisa ditempuh kalau DPR tidak menyetujui pengucuran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Selain itu, menaikkan subsidi kebutuhan pokok juga akan lebih mudah ketimbang menunggu persetujuan DPR.

"Ini kan belum tentu diterima DPR, maka harus dicari jalan keluar. Tapi kan saya usulkan kalau memang kalau memang BLT (BLSM) ini ga bisa, yang bentuk tunai dibikin bentuk yang bukan tunai. Seperti naikkannya raskinnya, naikkan aja beasiswanya, naikkan aja Jamkesmasnya, naikkan aja uang kepentingan lain. Sehingga hampir saja nanti sama tunai itu," ujar Sofyan saat dihubungi KBR68H di Jakarta, Rabu (22/5).

Ketua Apindo Sofyan Wanadi meminta pemerintah mengambil keputusan secepatnya. Sebab kata dia, ketidakpastian kenaikan harga BBM, telah membuat harga barang di pasar bergejolak.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri mengusulkan kepada DPR untuk menaikkan harga BBM bersubsidi mulai Juni mendatang. Harga BBM premium akan naik Rp 2000 atau menjadi Rp 6,500 per liter. Sedangkan solar bersubsidi naik Rp 1000 menjadi Rp 5,500 per liter. Usulan itu bisa direalisasikan jika pengucuran BLSM disetujui DPR.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat