NASIONAL

Anggaran untuk Pembangunan Jalan di Kementerian PU Dipangkas

"KBR68H, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memangkas anggarannya sebesar RP. 6,1 triliun di tahun ini."

Danu Mahardika, M Irham

Anggaran untuk Pembangunan Jalan di Kementerian PU Dipangkas
anggaran, pembangunan jalan, dipangkas, joko kirmanto

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memangkas anggarannya sebesar RP. 6,1 triliun di tahun ini. Anggaran yang dipangkas diantaranya biaya perjalanan dinas hingga anggaran proyek pembangunan jalan. Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan, pemotongan ini sebagai langkah mendukung program penghematan anggaran pemerintah.

"Upah kita potong, perjalanan dinas kita potong, belanja barang dipotong. Jika terpaksa, ada sebagian belanja modal juga kita potong sebagian kecil. (proyek ikut kena potong?) Ada sebagian terpaksa dipotong. Paling banyak jalan-jalan. Tapi kan kita pilih tempat-tempat yang pengaruhnya tidak besar. Pemotongannya 7 persen," katanya di Jakarta, Kamis (30/5)

Menurut Djoko, selain dari anggaran proyek, pihaknya juga memangkas dana perjalanan dinas, belanja barang, dan upah.

Sementara itu, pemangkasan anggaran belanja di tiap kementerian dan lembaga bisa membuat program kemasyarakatan terbengkalai. Koordinator Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Uchok Sky Khadafy mengatakan, Kementerian Keuangan lewat surat edarannya tak menyebutkan anggaran yang harus dipangkas di tiap kementerian/lembaga. Hal ini menyebabkan, tiap kementerian dan lembaga secara asal-asalan memangkas anggaran belanja 2013, termasuk program kemasyarakatan.

"Pemangkasan ini, seperti pepesan kosong, yang dikasihkan Kementerian Keuangan kepada kementerian lain. Jadi, uang itu dipangkas, tapi diserahkan kepada kementerian, program mana yang akan dipangkas. Dan ini sangat berbahaya sekali. Karena yang dipangkas ini, bukan uang program untuk menggemukkan fasilitasnya pejabat. Yang saya khawatirkan, justru program-program masyarakat yang dipotong," ungkap Uchok kepada KBR68H

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan memangkas anggaran sebesar total 24,6 triliun di tujuh Kementerian. Hal tersebut untuk mengurangi beban anggaran pemerintah yang selama ini banyak digunakan untuk mensubsidi bahan bakar minyak,  serta kebutuhan Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Sumber Daya Air. Total anggaran kementerian dan lembaga yang dipotong sebesar Rp 24,6 triliun.

Editor: Doddy Rosadi

  • anggaran
  • pembangunan jalan
  • dipangkas
  • joko kirmanto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!