Koalisi Guru Besar Se-Indonesia Minta UN Dibatalkan

Koalisi Guru Besar, Dosen se-Indonesia dan Masyarakat Sipil Peduli Pendidikan meminta Ujian Nasional (UN) tahun ini dibatalkan.

NASIONAL

Rabu, 24 Apr 2013 18:11 WIB

Author

Ade Imamsyah

Koalisi Guru Besar Se-Indonesia Minta UN Dibatalkan

koalisi guru besar, ujian nasional

 KBR68H, Jakarta - Koalisi Guru Besar, Dosen se-Indonesia dan Masyarakat Sipil Peduli Pendidikan meminta Ujian Nasional (UN) tahun ini dibatalkan. Guru Besar Ilmu Filsafat Universitas Indonesia, Gadis Arifia menilai, Ujian Nasional tidak bisa dijadikan parameter kelulusan siswa. Apalagi, menggunakannya sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri. Kata dia, pembatalan itu belum terlambat.

"Tapi yang saya ingatkan bahwa UN nasional ini bertentangan dengan UUD 45. Yang disitu ditegaskan bahwa, pendidikan adalah pendidikan untuk semua, Pendidikan adalah akses untuk semua. Nah Ujian Nasional ini menurut kami tidak memberikan akses untuk semua, dan oleh sebab itu bertentangan dengan UUD 45. Nah ini yang menjadi konsern kami dan kami juga merasa bahwa ujian nasional ini perlu dibatalkan," kata Gadis kepada KBR68H di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Guru Besar Ilmu Filsafat Universitas Indonesia, Gadis Arifia meminta, penilaian kelulusan di kembalikan ke sekolah. Sebelumnya Koalisi Guru Besar, Dosen se-Indonesia dan Masyarakat Sipil Peduli Pendidikan mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengadukan karut-marutnya pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini. Di sana mereka meminta penilaian Hakim Konstitusi mengenai ujian negara tersebut. Mereka menilai, UN melanggar hak konstitusi warga.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Belajar dari Lonjakan Kasus di India

Kabar Baru Jam 7

Gua Hira dan Cahaya Semesta

Kabar Baru Jam 8

Menyoal Tenggelamnya Kapal Selam dan Upaya Modernisasi Alutsista