NASIONAL

Mudik Lebaran 2023, Polri Siagakan Ribuan Pos

""Polri pun menerapkan cara bertindak khusus di jalan tol, jalan arteri dan wisata serta pelabuhan""

mudik lebaran
Lebaran 2023, perbaikan Jalur mudik selatan, Kabupaten Ciamis, Jabar, Jumat (31/03/23). (Antara/Adeng Bustomi)

KBR, Jakarta-  Kepolisian Indonesia akan menyiapkan tiga jenis pos guna menjamin kelancaran mudik Lebaran 2023. Juru bicara Mabes Polri Ahmad Ramadhan mengatakan ketiganya terdiri dari 1.500-an pos pengamanan, 745 pos pelayanan dan 390 pos terpadu.

"Tiga pos itu ditempatkan pada lokasi strategis serta pada lokasi trouble spot dan black spot. Polri pun menerapkan cara bertindak khusus di jalan tol, jalan arteri dan wisata serta pelabuhan seperti contra flow, one way, pengalihan dan buka tutup arus lalu lintas," kata Ramadhan dalam konferensi pers, Senin (3/4/2023).

Juru bicara Mabes Polri Ahmad Ramadhan menambahkan, sebanyak 148 ribuan personel gabungan itu itu bakal mengisi tiga pos layanan mudik dalam Operasi Ketupat untuk menjaga keamanan selama mudik Lebaran 2023.


Baca juga:

Sebelumnya pemerintah memperkirakan akan ada sekitar 123 juta orang yang akan merayakan lebaran 2023 di kampung halamannya. Jumlah tersebut meningkat   dibandingkan mudik 2022 sebanyak 85,5 juta jiwa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dari jumlah itu, 22 persen pemudik akan menggunakan mobil pribadi, sedangkan 20 persen lainnya memakai sepeda motor.

"Mereka mudik itu paling banyak dari Jawa Timur, tetapi tujuan paling banyak itu Jawa Tengah. Oleh karenanya memang jalur Cipali adalah satu titik yang paling tinggi tingkat kemacetannya, dan kita harus menggunakan rekayasa lalu lintas yang intensif," ucap Menteri Budi dalam keterangan persnya usai Rapat terkait Persiapan Arus Mudik di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Kemenhub akan bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan Jasa Marga untuk mengatasi kemacetan saat arus mudik Lebaran. Semisal dengan rekayasa lalu lintas di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali), serta peningkatan area peristirahatan. Pemerintah juga memperlebar jalan arteri yang sempit untuk meningkatkan efektivitas pantura.

Editor: Rony Sitanggang

  • Kementerian Perhubungan
  • mudik
  • Idulfitri 2023
  • Macet
  • lebaran 2023
  • mudik lebaran 2023

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!