NASIONAL

Jokowi: Nilai Hilirisasi Industri Capai USD545,3 Miliar

"“Sampai tahun 2040 ada 21 komoditas dalam peta jalan hilirisasi yang diproyeksikan mencapai nilai investasi USD 545,3 billion.""

Heru Haetami

hilirisasi
Hilirisasi, Presiden Jokowi resmikan pembukaan Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023, Jerman, Senin (17/04/23). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menilai, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar dalam membangun industri hilirisasi. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya ketika menghadiri upacara pembukaan Hannover Messe 2023 di Hannover Congress Centrum,  Jerman, pada Senin, 17 April 2023.

Jokowi mengatakan, proyeksi nilai investasi dalam peta jalan hilirisasi Indonesia mencapai USD 545,3 miliar atau setara sekitar Rp8 kuadriliun.

“Sampai tahun 2040 ada 21 komoditas dalam peta jalan hilirisasi yang diproyeksikan mencapai nilai investasi USD 545,3 billion. Ini peluang yang sangat besar, yang saling menguntungkan,” kata Presiden.

Presiden Jokowi menyebut, Indonesia sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam hilirisasi industri dan ekonomi hijau.

Baca juga:

Jokowi juga mengeklaim, Indonesia berkomitmen dalam menjaga keberlangsungan lingkungan. 

Kata dia, sejumlah aksi nyata telah dilakukan dalam memperbaiki lingkungan serta upaya melaksanakan transisi energi.

“Laju deforestasi turun signifikan dan terendah 20 tahun terakhir, kebakaran hutan turun 88 persen, rehabilitasi hutan 600.000 hektare, hutan mangrove yang akan selesai direhabilitasi di tahun 2024, terluas di dunia, juga dibangun 30.000 hektare kawasan industri hijau,” tuturnya.


Editor: Rony Sitanggang

  • hilirisasi
  • Presiden Jokowi
  • sumber daya energi
  • Hannover Messe 2023

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!