NASIONAL

Jokowi Minta Layanan Mudik Pelabuhan Merak Diperbaiki

"Sehingga perbaikan dari manajemen tahun yang lalu untuk arus mudiknya harus harus lebih baik."

Jokowi Minta Layanan Mudik Pelabuhan Merak Diperbaiki
Kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Senin dini hari (3/6/2019). (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A/foc)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta ada perbaikan layanan mudik di Pelabuhan Merak Banten. Jokowi mengatakan, catatan dan evaluasi tahun lalu harus dijadikan acuan perbaikan arus mudik tahun ini.

"Oleh sebab itu secara detail yang bekerja di lapangan itu harus betul-betul melihat sehingga perbaikan dari manajemen tahun yang lalu untuk arus mudiknya harus harus lebih baik," kata Jokowi saat memimpin Ratas Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Selasa (11/4/2023).

Jokowi mengatakan, penambahan kapasitas dan dermaga di Pelabuhan Merak harus diimbangi manajemen yang baik. Sehingga dapat mengantisipasi lonjakan pemudik yang diperkirakan mencapai 123 juta orang.

"Kapasitas dari 34 ribu ke 49 ribu sebuah lompatan jumlah yang cukup besar. Karena kita tahu yang mudik nanti dari 86 juta tahun yang lalu, tahun ini diperkirakan dari hasil survei 123 juta, dari 86 juta ke 123 juta," katanya.

Baca juga:

Sementara untuk fasilitas tol, Jokowi meminta agar proyek konstruksi yang sudah rampung dimanfaatkan untuk alternatif jalur mudik. Dia yakin jalan tol yang sudah selesai dikerjakan akan membantu mengurai kemacetan saat mudik nanti.

"Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang Lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan setelah nanti Lebaran baru dicek lagi siap dioperasionalkan secara lengkap," katanya.

Editor: Wahyu S.

  • Puncak Arus Mudik
  • mudik 2023
  • mudik lebaran 2023

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!