NASIONAL

Bertemu Anggota Kongres AS, Jokowi Bahas Isu Iklim Hingga Lingkungan

"Jokowi menyampaikan mengenai komitmen Indonesia terhadap isu perubahan iklim dan lingkungan."

Heru Haetami

Bertemu Anggota Kongres AS, Jokowi Bahas Isu Iklim Hingga Lingkungan
Presiden Jokowi saat menerima kunjungan anggota kongres Amerika Serikat pada Rabu (12/04/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan delegasi Kongres Amerika Serikat di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 12 April 2023.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dalam pertemuan ini, Jokowi menyampaikan mengenai komitmen Indonesia terhadap isu perubahan iklim dan lingkungan.

“Bapak Presiden memberikan presentasi mengenai apa yang sudah dicapai pemerintah saat ini. Termasuk adanya pengurangan kebakaran hutan yang lebih dari 80 persen so far,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023)

Selain itu, Presiden juga meminta dukungan Kongres AS terhadap sejumlah isu. Mulai dari perpanjangan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) hingga akses pasar.

Jokowi, kata Retno, juga menekankan pentingnya isu akses pasar bagi negara berkembang seperti Indonesia.

“Presiden juga mengharapkan Indonesia dapat menjadi bagian dari global supply chain Amerika dan dunia," tutur Retno.

"Presiden juga menyampaikan permintaan dukungan Amerika Serikat untuk transisi energi,” imbuhnya.

Baca juga:

- Konferensi Geopark, Jokowi Minta Lindungi Warisan Geologi

- Jokowi Akan Paksa Perusahaan Sawit dan Tambang Bikin Persemaian

Selain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Sedangkan anggota kongres Amerika Serikat yang hadir adalah Senator Jeff Merkley, Senator Chris Van Hollen, Representative Lloyd Doggett, Representative Praila Jayapal, Representative Ilhan Omar, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, dan Mission Director of USAID Jeffery Cohen.

Editor: Resky Novianto

  • Presiden Jokowi
  • Kongres Amerika
  • Perubahan Iklim
  • lingkungan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!