NASIONAL

Anggota DPR Tolak APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Harus tegas kepada pemerintah China."

Shafira Aurel

Anggota DPR Tolak APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta - Kalangan parlemen menolak jika APBN dijadikan jaminan utang pembiayaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Anggota Komisi Transportasi DPR Bakri, mendesak pemerintah bersikap tegas terhadap China.

Anggota DPR Fraksi PAN itu menilai, pemerintah sudah terlalu baik dalam negosiasi permasalahan kereta api tersebut.

"Harus tegas kepada pemerintah China. Saya pikir kita sudah terlalu baik sama mereka kok. Beberapa kali ada itu, beberapa kali ada tambahan. Jadi kami di Komisi V tetap sepikir pemerintah harus tetap kembali kepada kesepakatan awalnya. Menolak bahwa kereta cepat ini dibiayai oleh APBN," ujar Anggota Komisi V DPR A Bakri, dikutip dalam kanal YouTube DPR RI, Jumat (14/4/2023).

Bakri juga meminta pemerintah menimbang matang permintaan China untuk menjadikan APBN sebagai jaminan utang.

Baca juga:

Biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung membengkak USD1,2 miliar atau setara Rp18 triliun. Indonesia-China masih membahas besaran pinjaman baru untuk proyek tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengeklaim, pemerintah terus bernegosiasi agar suku bunga pinjaman dari China Development Bank (CDB) bisa mencapai 2 persen. Kata Luhut, China hanya mau menurunkan bunga utang dari 4 persen menjadi 3,4 persen.

Editor: Wahyu S.

  • kereta cepat
  • Jakarta
  • KAI
  • Ekonomi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!