Bagikan:

Transisi Menuju Endemi, Jokowi Tak Ingin Langsung Buka Masker

Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker.

NASIONAL

Senin, 25 Apr 2022 18:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Jokowi Tak Ingin Langsung Buka Masker

Presiden Jokowi mengenakan masker saat di Istana Negara, Senin (20/7/2020). (Antara-Sigid Kurniawan)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat harus berhati-hati dalam masa peralihan menuju endemi. Jokowi tak ingin terburu-buru mencabut kewajiban mengenakan masker.

Hal ini ia sampaikan ketika ditanya wartawan soal kemungkinan pemerintah menetapkan transformasi dari status pandemi COVID-19 menjadi endemi, jika berhasil mengendalikan mudik Lebaran tanpa adanya lonjakan kasus.

"Tetapi apapun, ada masa transisi yang kita masih harus hati-hati. Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker. Enggak," kata Jokowi di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/22).

"Ini masih ada transisi kira-kira enam bulan. Kita lihat seperti apa. Baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih tetap pakai masker," sambungnya.

Jokowi mengatakan, akan ada tahapan-tahapan transisi menuju endemi.

Baca juga: 

Dia juga menyebut, Indonesia telah mempunyai pengalaman saat menghadapi varian Delta dan juga Omicron. Sehingga kata dia, kehati-hatian serta kewaspadaan tetap harus tetap diterapkan.

Jokowi menambahkan, pemerintah saat ini memperbolehkan masyarakat untuk mudik karena angka kasus harian COVID-19 sudah sangat rendah. Kasus aktif COVID-19 pun kata dia sudah di bawah 20 ribu kasus.

Hari ini, Indonesia mencatat 317 kasus baru COVID-19. Total kasus aktif kini sebanyak 13.251.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif