Bagikan:

Peran 5 Tersangka Teroris NII dan Barang Bukti

Potensi teror jaringan teroris Sumatera Barat ini antara lain mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi syariat Islam yang kaffah.

NASIONAL

Senin, 11 Apr 2022 19:50 WIB

Peran 5 Tersangka Teroris NII dan Barang Bukti

Ilustrasi: anggota Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Mabes Polri telah menetapkan 16 tersangka teroris kelompok Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap di wilayah Tangerang, Banten.

Juru bicara Mabes Polri, Ahmad Ramadhan mengatakan barang bukti yang telah disita berupa tiga unit senapan PCP, satu unit senapan angin, dua kotak amunisi, panah, pisau tajam, buku, laptop hingga kartu ATM.

Ramadhan menyebut, potensi teror jaringan teroris Sumatera Barat ini antara lain mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi syariat Islam yang kaffah.

"Memiliki keinginan untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi lain. Kemudian memiliki hubungan dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Bali. Kemudian dari serangkaian rencana tersebut juga, adanya upaya serangan teror yang terkuak dalam wujud perintah mempersiapkan senjata tajam. Disebutkan golok dan mencari para pandai besi," ucap Ramadhan dalam konferensi pers daring, Senin, (11/4/2022).

Peran 5 Tersangka

Juru bicara Mabes Polri, Ahmad Ramadhan mengungkap identitas dan peran lima tersangka teroris yang ditangkap pada Minggu, 3 April 2022. Para tersangka berinisial SA, SO, TA, MH dan AHA.

Kata dia, tersangka SA terlibat menghadiri agenda NII di Depok, Jawa Barat. Ia berperan memegang rekening NII serta menyelenggarakan pergantian struktur.

Sementara itu, tersangka SO diduga berperan sebagai Ketua NII wilayah Tangerang Selatan. Ia juga menghadiri acara NII di Depok serta berhubungan dengan tersangka Z, serta pernah datang pada agenda NII di Sawah Lunto, Sumatera Barat pada 2011.

"Kemudian ketiga tersangka TA, saudara TA terlibat turun langsung ke wilayah Sumatera Barat untuk membuka wilayah Bali," sambungnya.

Selanjutnya, tersangka MH berperan sebagai sekretaris NII daerah Tangerang Selatan, serta hadir dalam pertemuan di Depok, lalu mengirim bahan dari pusat terkait dengan arahan-arahan melalui email. Ia juga diduga terlibat sebagai tim teknologi informasi.

"Kemudian yang kelima adalah saudara AH. Perannya adalah sebagai ketua NII wilayah Tangerang Kota dan turun langsung ke Sumatera Barat untuk membuka wilayah baru," imbuhnya.

Ahmad Ramadhan menyampaikan, jaringan NII sudah berkembang masif di sejumlah wilayah di tanah air. Semisal Maluku, Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Sulawesi, Bali, dan Sumatera Barat. Menurutnya, proses perekrutan NII itu digelar secara terstruktur dan sistematis.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif