Bagikan:

Mudik 2022, Satgas Covid-19: Pastikan dalam Kondisi Sehat

"Risiko untuk terjadi kesakitan, keparahan kalau kondisi kurang sehat, tentu akan lebih tinggi,”

NASIONAL

Senin, 25 Apr 2022 11:51 WIB

Author

Heru Haetami

Mudik 2022, Satgas Covid-19: Pastikan dalam Kondisi Sehat

Ilustrasi: Pemudik lebaran 2022 di Pelabuhan Kapal Roro Kuala Tungkal, Tanjungjabung Barat, Jambi, Minggu (24/4/22). (Antara/Wahdi Septiawan)

KBR, Jakarta- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 meminta masyarakat melakukan skrining kesehatan mandiri sebelum melakukan perjalanan mudik.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan, skrining dilakukan agar meminimalkan keparahan jika tertular virus corona.

“Jadi sebelum berangkat pastikan bahwa mereka yang akan mudik dalam kondisi sehat. Kenapa, karena kesehatan itu penting dan risiko untuk terjadi kesakitan, keparahan kalau kondisi kurang sehat, tentu akan lebih tinggi,” kata Sonny dalam diskusi daring, Senin (25/4/2022).

Sonny menyatakan bahwa infeksi COVID-19 hanya bisa diketahui melalui testing. Hanya saja, kata dia, mengetahui kondisi kesehatan diri salah satu hal yang bisa dilakukan, sebab tes COVID-19 saat ini tidak dilakukan lantaran sudah tidak lagi menjadi kewajiban pelaku perjalanan.

“Skrining mandiri perlu, melihat kalau dirinya punya komorbid, komorbidnya terkendali atau tidak, lalu memastikan kesiapan perjalanan,” katanya.

Baca juga:


Sonny berharap, setelah dua tahun diserang pandemi, masyarakat bisa belajar dan memiliki kesadaran mandiri agar mudik tahun ini tidak mengakibatkan lonjakan kasus COVIS-19.

“Inikan semua harus saling menjaga, kami berharap mudik kali ini betul-betul aman dan sehat,” ujar Sonny.  

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio