NASIONAL

Investasi Sektor Pembangunan Berkelanjutan Meningkat Saban Tahun

Ilustrasi: Realisasi investasi triwulan III/2021. (04/11/2021). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta— Kepala Ekonom Bank Mandiri Andri Asmoro mengatakan investasi di sektor pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menunjukkan adanya peningkatan setiap tahun.

"Itu kalau kita melihat value of investment SDGs sectors, kalau kita lihat 2021 US$180 billion compared to 2020 itu US$85 billion. Sementara kalau kita lihat peringkat keduanya itu telekomunikasi US$35 billion, hanya naik US$4 billion dari US$31 billion. Power itu US$34 billion, sebelumnya US$32 billion. Ini sumbernya dari Wealth Investment Report," katanya pada diskusi How to Build Ecosystem of Sustainable Investment for Global Recovery, Rabu, (13/4/2022).

Baca juga:
Wapres: Masih Banyak Warga Ragu Berinvestasi di Pasar Modal Syariah
Saham Syariah, Instrumen Investasi Halal dan Amanah 

Andri menjelaskan, meningkatnya investasi SDGs tampak menonjol dari segi nilai investasinya, sedangkan jumlah dari realisasi proyeknya tidak terlalu bertumbuh signifikan. Saat ini, ada 483 proyek yang berkaitan dengan sektor SDGs. Proyek itu bertambah lebih dari 50 proyek dibandingkan 2020.

"Peringkat keduanya Telco. Itu hanya menempati sekitar 299 project dari 254. Berikutnya ada transportation 276, tahun 2020 itu di 201 proyek," sebutnya.

Editor: Sindu

  • investasi hijau
  • investasi berkelanjutan
  • investasi EBT

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!