NASIONAL

60 Ribu ASN Bakal Pindah ke IKN Nusantara, MenPAN-RB: Tunggu Kesiapan Infrastruktur

60 Ribu ASN Bakal Pindah ke IKN Nusantara, MenPAN-RB: Tunggu Kesiapan Infrastruktur

KBR, Jakarta - Pemerintah menargetkan 60 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menjadi klaster pertama yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, awal 2024 mendatang.

"Klaster pertama sudah siap 60 ribu ASN plus TNI-Polri itu targetnya awal 2024 harus pindah, itu di kementerian lembaga. Pertama kali 60 ribu harus pindah," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo, saat rapat kerja di Komisi II DPR, Kamis (7/4/2022).

Tjahjo menyebut, Kemen PAN-RB juga telah melakukan sejumlah persiapan. Kata dia, hanya tinggal menunggu kesiapan infrastruktur yang disiapkan oleh Bappenas.

"Apakah bisa lebih atau kurang, itu pertanyaan ke Bappenas tergantung perumahannya bagaimana. Infrastruktur rumahnya siap nggak 60 ribu, kalau lebih. Kedua, transportasinya bagaimana, yang ketiga sekolah buat anak-anak mereka (ASN) bagaimana?" katanya.

Tjahjo melanjutkan, rencana pemindahan ASN ke IKN Nusantara sudah cukup matang. Ia juga yakin, kementerian pelaksana pembangunan akan segera merampungkan sejumlah infrastruktur utama dn pendukung bagi ASN yang akan menetap di sana.

"Perkantoran bisa selesai, transportasi selesai, dan sistemnya bisa baik di perbankan, TNI, Polri, Kejaksaan BIN dan sebagainya," jelas bekas Mendagri ini.

Berita lainnya: 

Pertengahan Februari lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai pada Semester II/2022.

"IKN bukan hanya pemindahan fisik, tetapi juga memindahkan pola kerja yang baru," kata Basuki dalam Rakorbangwil Tahun 2022 di Jakarta, Kamis (17/02/2022).

Basuki berharap pelaksanaan pembangunan IKN bisa dikerjakan dengan baik dan gotong royong.

Editor: Kurniati Syahdan

  • IKN Nusantara
  • klaster pertama pindah IKN
  • ASN pindah ke IKN
  • TNI/Polri
  • Bappenas
  • KemenPAN RB
  • Tjahjo Kumolo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!