Varian Baru Covid-19 EEK, Ini yang Dilakukan Pemerintah

"Memperketat proses screening pada saat warga negara asing dan warga negara Indonesia yang masuk dari luar negeri ke Indonesia,"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 09 Apr 2021 08:59 WIB

Author

Astri Septiani

Varian Baru Covid-19 EEK, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Ilustrasi: Pengiriman vaksin Sinovac

KBR, Jakarta- Juru penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah bakal meningkatkan surveilans genomik mengingatkan terdapat mutasi baru virus corona jenis E484K alias "EEK". Wiku mengatakan akan dilakukan pengetatan pemeriksaan bagi warga yang masuk dari luar negeri.

"Terkait dengan mutasi virus pemerintah juga terus meningkatkan surveilans whole genome sequencing untuk memetakan varian covid-19 yang masuk ke Indonesia. Serta memperketat proses screening pada saat warga negara asing dan warga negara Indonesia yang masuk dari luar negeri ke Indonesia," kata Wiku dalam siaran virtual, Kamis (8/4/2021).

Wiku mengatakan, temuan strain baru ini memiliki mutasi yang sama seperti yang ditemukan pada varian Afrika Selatan dan Brasil serta dinilai lebih menular. Kendati demikian Wiku meminta masyarakat untuk tidak panik namun tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Meski demikian saya harapkan masyarakat tidak panik tapi hendaknya semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Mengingat ini adalah pertahanan utama kita dalam mencegah penularan virus covid-19," kata Wiku

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menyekat Pemudik Nekat

Kabar Baru Jam 10