Temukan 1.556 hoaks Covid-19, Menkominfo: Tantangan Indonesia Virus Informasi

beberapa hoaks di antaranya bahkan secara khusus terkait dengan vaksin Covid-19.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 30 Apr 2021 15:17 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Temukan 1.556 hoaks Covid-19, Menkominfo: Tantangan Indonesia Virus Informasi

ilustrasi

KBR, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menemukan 1.556 hoaks atau berita bohong seputar Covid-19, hingga saat ini.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, beberapa hoaks di antaranya bahkan secara khusus terkait dengan vaksin Covid-19.

"Secara spesifik hingga pagi ini, Kementerian Kominfo telah mencatat dan melabeli sebanyak 1.556 hoaks terkait Covid-19 serta 177 hoaks terkait vaksin Covid-19," kata Johnny dalam keterangan persnya saat menerima kedatangan vaksin Covid-19 tahap 10 di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (30/4/2021).

Johnny G Plate menuturkan, jika tidak disaring, ribuan hoaks itu dapat menghambat upaya penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Masyarakat diimbau merujuk sumber informasi akurat dan terpercaya, seperti dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah, maupun para ahli," kata politikus Nasdem ini.

Johnny menambahkan, WHO juga telah menyatakan tantangan yang dihadapi masyarakat dunia bukan hanya virus penyakit, tetapi virus informasi berupa rumor dan stigma dalam bentuk disinformasi atau hoaks.

"Kita tidak boleh lengah, melindungi diri dan melindungi keluarga," pungkasnya.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11