BERITA

Temukan 1.556 hoaks Covid-19, Menkominfo: Tantangan Indonesia Virus Informasi

"beberapa hoaks di antaranya bahkan secara khusus terkait dengan vaksin Covid-19."

Wahyu Setiawan

Temukan 1.556 hoaks Covid-19, Menkominfo: Tantangan Indonesia Virus Informasi
ilustrasi

KBR, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menemukan 1.556 hoaks atau berita bohong seputar Covid-19, hingga saat ini.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, beberapa hoaks di antaranya bahkan secara khusus terkait dengan vaksin Covid-19.

"Secara spesifik hingga pagi ini, Kementerian Kominfo telah mencatat dan melabeli sebanyak 1.556 hoaks terkait Covid-19 serta 177 hoaks terkait vaksin Covid-19," kata Johnny dalam keterangan persnya saat menerima kedatangan vaksin Covid-19 tahap 10 di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (30/4/2021).

Johnny G Plate menuturkan, jika tidak disaring, ribuan hoaks itu dapat menghambat upaya penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Masyarakat diimbau merujuk sumber informasi akurat dan terpercaya, seperti dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah, maupun para ahli," kata politikus Nasdem ini.

Johnny menambahkan, WHO juga telah menyatakan tantangan yang dihadapi masyarakat dunia bukan hanya virus penyakit, tetapi virus informasi berupa rumor dan stigma dalam bentuk disinformasi atau hoaks.

"Kita tidak boleh lengah, melindungi diri dan melindungi keluarga," pungkasnya.


Editor: Kurniati Syahdan

  • kemenkominfo
  • COVID-19
  • hoaks
  • hoaks covid-19
  • Vaksinasi Covid-19
  • virus informasi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!