BERITA

Presiden Perintahkan Menpora Kaji Kehadiran Penonton di Stadion saat Liga 1 Digelar

Presiden Perintahkan Menpora Kaji Kehadiran Penonton di Stadion saat Liga 1 Digelar

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengkaji kemungkinan memperbolehkan penonton hadir di stadion saat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021. 

Hal ini disampaikan Menpora Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo, Rabu (14/4/2021). Kata dia, Presiden ingin semua persiapan diperhatikan secara detail jika hal itu dimungkinkan.

"Itu juga diminta oleh Bapak Presiden, untuk kita membuat kajian. Jadi beliau saat itu menyampaikan kepada saya untuk, 'Coba deh tolong dikaji dan kita akan lihat juga kecepatan dari vaksinasi.' Beliau memberi Arahan kepada saya untuk berkomunikasi dengan penyelenggara dan kita akan pastikan betul," ujar Zainuddin dalam jumpa pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Koordinasi dengan Sejumlah Pihak

Menpora Zainudin Amali mengatakan akan segera berkomunikasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti Polri, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru. Menurutnya, membuka turnamen untuk penonton bukan hal mudah, mengingat kondisi pandemi di Indonesia masih fluktuatif.

"Ini bukan pekerjaan ringan ya, mengizinkan siapa yang boleh dan tidak boleh nonton langsung. Tetapi, beliau (Presiden) telah membuka peluang itu untuk mengkaji lebih dulu. Mengkaji ya bukan mengizinkan,” tegas Zainuddin.

Ia mengklaim, permintaan pengkajian tersebut dilakukan untuk mewadahi aspirasi sejumlah pihak terkait keinginan menghadirkan penonton secara langsung dalam turnamen olahraga. Meski begitu, hingga kini belum ada keputusan soal penyelenggaraan turnamen Liga 1 dan Liga 2.

Piala Menpora 2021 Jadi Kunci

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021 akan menjadi bahan evaluasi dan dasar dalam perhelatan ajang olahraga lainnya.

Ini disampaikan Kapolri saat mengecek penerapan protokol kesehatan di Stadion Manahan Solo, salah satu stadion yang menjadi tuan rumah Piala Menpora.

Kapolri Listyo Sigit mengatakan Liga 1 dan Liga 2 akan digelar setelah ada evaluasi dari laga pramusim Piala Menpora.

"Realitanya sampai saat ini bagus, sesuai dengan rencana yang kita harapkan dan tentunya ini akan menjadi penilaian kita terkait perjalanan nanti apabila berjalan tertib, taat protokol kesehatan, tentu kita akan membicarakan kembali untuk persiapan pertandingan di Liga 1 dan Liga 2 yang memang sudah ditunggu oleh klub, pemain, dan suporter," tutur Kapolri Listyo Sigit, Kamis (25/3/2021).

Tanpa Penonton

Sesuai instruksi Mabes Polri, laga ini dibatasi hampir 300 orang di dalam stadion. Ratusan orang itu terdiri dari pemain, ofisial, panitia penyelenggara, wartawan, aparat pengamanan, dan lainnya. Selain itu laga di masa pandemi Covid-19 ini digelar tanpa penonton.

Piala Menpora 2021 bergulir mulai 21 Maret-25 April. Turnamen ini berlangsung di empat kota. Selain Solo, tiga lokasi lain yang menjadi tuan rumah ialah Bandung, Sleman, dan Malang.

Sebanyak 28 pertandingan akan tersaji selama fase grup. Laga ini diikuti 17 peserta Liga 1, minus Persipura. Tim tersebut dibagi dalam empat grup. Saat ini pertandingan memasuki babak semifinal.

Editor: Sindu Dharmawan

  • Liga I
  • Liga II
  • Piala Menpora 2021
  • Sepak Bola
  • PSSI
  • Menpora
  • Kemenpora
  • Presiden Jokowi
  • Polri
  • PT LIB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!