Polri Gandeng Interpol Buru Terduga Penoda Agama Joseph Paul Zhang

Joseph diduga tengah berada di Jerman.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 20 Apr 2021 08:38 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Polri Gandeng Interpol Buru Terduga Penoda Agama Joseph Paul Zhang

Joseph Paul Zhang, terduga pelaku penistaan agama. (Tangkapan layar dari akun Youtube channel Joseph).

KBR, Jakarta- Mabes Polri menggandeng Interpol untuk memburu terduga penodaan agama, Joseph Paul Zhang. Dia diduga menodakan agama Islam dengan mengaku sebagai nabi ke-26.

Juru bicara Mabes Polri Rusdi Hartono mengatakan Joseph diduga tengah berada di Jerman. Sehingga kepolisian berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi untuk mengeluarkan daftar pencarian orang (DPO).

"Bareskrim Polri segera akan mengeluarkan daftar pencarian orang yang tentunya daftar pencarian orang ini akan diserahkan ke Interpol. Dan daftar pencarian orang ini tentunya menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice. Polri telah dan sedang berusaha keras untuk menyelesaikan kasus ini bersama-sama dengan instansi terkait lainnya," kata Rusdi di Mabes Polri, Senin (19/4/2021).

Juru bicara Mabes Polri Rusdi Hartono menambahkan, polisi telah memeriksa sejumlah saksi ahli bidang bahasa, sosiologi, hukum, dan pidana dalam kasus ini.

Kata Rusdi, polisi akan menjerat Joseph Paul Zhang dengan pasal penodaan agama di KUHP dan pasal ujaran kebencian di Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Rusdi mengimbau masyarakat tenang dan tak terprovokasi dengan apa yang disampaikan Joseph Paul Zhang.

Sebelumnya dalam sebuah video, Joseph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26. Ia bahkan menantang siapa saja yang berani melaporkannya ke polisi atas pernyataan tersebut.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kontroversi Pembatalan SKB 3 Menteri soal Seragam

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menyekat Pemudik Nekat

Kabar Baru Jam 10