Pemerintah Tetapkan 13 April Awal Ramadan 1442 H

Hilal awal Ramadan sudah tampak di sejumlah daerah

BERITA | NASIONAL

Senin, 12 Apr 2021 19:20 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pemerintah Tetapkan 13 April Awal Ramadan 1442 H

Petugas dari Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Selatan mengamati posisi hilal menggunakan teropong di Palembang, Sumatera Selatan. (Nova Wahyudi/Antara)

KBR, Jakarta- Pemerintah menetapkan 13 April 2021 sebagai awal Ramadan 1442 Hijriah. Keputusan itu diambil usai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan yang diikuti perwakilan Majelis Ulama Indonesia, DPR, LAPAN, BMKG, Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, hingga sejumlah ormas Islam. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hilal awal Ramadan sudah tampak di sejumlah daerah.

"Di sidang isbat tadi kami mendapatkan laporan sudah ada 13 orang yang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat. Sehingga keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021 atau bertepatan dengan Hari Selasa besok pagi," kata Yaqut dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, malam ini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak semua pihak untuk menciptakan suasana ketenangan dalam momen Ramadan. Ada 86 titik pemantauan hilal di seluruh Indonesia. Para pemantau hilal berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan kabupaten/kota, bersama sejumlah ormas Islam setempat.

Penetapan awal Ramadan pada esok hari ini selaras dengan keputusan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri