BERITA

Pemerintah Kembangkan PLTP Skala Kecil

Pemerintah Kembangkan PLTP Skala Kecil

KBR, Jakarta- Pemerintah berencana fokus mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berskala kecil tahun ini. Menurut Menteri Riset dan Teknologi, Bambang PS Brodjonegoro, panas bumi di Indonesia masih sangat kecil, padahal manfaat bagi perkembangan energi terbarukan sangat besar.

"Indonesia adalah salah satu yang mempunyai kandungan panas bumi yang terbesar di dunia namun kita masih sedikit memanfaatkan tenaga panas bumi tersebut dan salah satu kendalanya mungkin pada skala pembangkitnya yang kalau terlalu besar akan memakan investasi yang sangat besar karena itu kami mengembangkan PLTP skala kecil yang mudah mudahan bisa dikembangkan di berbagai daerah yang punya kandungan panas bumi," ujar Bambang dalam keterangan pers virtual di kanal Youtube, Sekretariat Presiden, Selasa (20/04/2021).

Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro mengatakan, ke depan PLTP skala kecil bisa membantu penyediaan listrik bagi masyarakat di daerah pelosok, yang selama ini kesulitan mengakses. Selain panas bumi, untuk memenuhi kebutuhan listrik pemerintah juga akan mengembangkan tenaga nuklir.

Menurutnya pemerintah akan melakukan riset terkait pemanfaatan nuklir di Indonesia, agar bisa menjamin keselamatan bagi lokasi maupun masyarakat yang tempatnya akan menjadi target pengembangan teknologi energi nuklir tersebut.

Editor: Friska Kalia

  • PLTP
  • Nuklir
  • Energi
  • Energi Terbarukan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!