BERITA

Mudik Dilarang, Menparekraf Buka Objek Wisata Lokal

"Sandiaga berdalih pelarangan mudik oleh pemerintah tidak berarti membatasi pergerakan masyarakat di wilayah masing-masing"

Dwi Reinjani

Mudik Dilarang, Menparekraf Buka Objek Wisata Lokal
Ilustrasi: Wisata Kawah Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Friska Kalia)

KBR, Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, menyatakan objek wisata lokal boleh tetap dibuka dengan protokol kesehatan ketat selama libur lebaran. Sandiaga beralasan, pelarangan mudik oleh pemerintah tidak berarti membatasi pergerakan masyarakat di wilayah masing-masing.

"Yang kami lakukan oleh kemenparekraf adalah memastikan wisata wisata lokal siap melakukan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin karena kita mengantisipasi mudik tidak diperkenankan berarti dalam menghabiskan waktu liburan lebaran ini ada alternatif kunjungan yang dilakukan oleh masyarakat," ujar Sandi, dalam konferensi pers virtual, Senin (19/04/2021).

Sandiaga Uno meminta, agar masyarakat tetap mematuhi peraturan yang dikeluarkan pemerintah untuk tidak mudik, demi menekan angka sebaran Corona. Namun Sandiaga mengizinkan jika masyarkat ingin menghabiskan waktu di lokasi wisata daerah masing-masing.

Sandiaga juga mengatakan, keputusan akhir dibuka atau ditutupnya objek wisata lokal, sepenuhnya diberikan kepada kepala daerah. Jika ada kenaikan kasus, terbentuknya klaster baru atau bahkan terlalu banyak masyarakat yang berkerumun saat lokasi dibuka, kepala daerah berhak untuk menutup objek wisatanya.

Editor: Friska Kalia

  • sandiaga uno
  • pariwisata
  • pembukaan wisata
  • protokol kesehatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!