BERITA

MenPAN RB Jamin Kerahasiaan dan Keamanan Soal Seleksi CASN 2021

MenPAN RB Jamin Kerahasiaan dan Keamanan Soal Seleksi CASN 2021

KBR, Jakarta- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menjamin kerahasiaan dan keamanan naskah soal seleksi pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN) 2021. Naskah soal itu sebelumnya diserahkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim kepada MenPan-RB Tjahjo Kumolo. 

Selanjutnya, kata Tjahjo, Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan memasukkan naskah soal ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara dan digunakan saat proses seleksi. Tjahjo menyatakan bakal mengawal proses seleksi CASN dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Pada proses ini diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan, dan keamanan data-datanya. Dan kami yakin ini juga sudah sejak tahun-tahun kemarin masalah kerahasiaan dan keamanan data ini menjadi kata kunci dan jaminan kita bersama,” kata Tjahjo dalam acara Serah Terima Soal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021, Selasa (20/4/2021).

Men-PAN RB Tjahjo Kumolo menyatakan semua proses seleksi bebas dari biaya apapun. Ia berharap proses seleksi CASN 2021 dapat berlangsung aman, objektif, serta bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyerahkan naskah soal seleksi pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN) kepada Men-PAN RB Tjahjo Kumolo, selaku ketua tim pengarah seleksi nasional.

Nadiem menjelaskan, penyusunan soal seleksi CASN 2021 telah melalui beberapa tahapan dan melibatkan berbagai pihak.

Pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dijadwalkan pada Mei hingga Juni 2021.

Metode seleksi akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang diklaim bisa menutup potensi kecurangan dan praktik calo.

Editor: Sindu Dharmawan

  • Soal CASN 2021
  • CASN
  • CPNS
  • P3K
  • CAT
  • Tes CPNS
  • Kemenpan rb
  • Kemendikbud
  • Seleksi Nasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!