BERITA

Menhub Prediksi 27 Juta Orang Nekat Mudik Meski Dilarang

Menhub Prediksi 27 Juta Orang Nekat Mudik Meski Dilarang

KBR, Jakarta- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi 27 juta orang nekat mudik meski Pemerintah sudah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Budi mengatakan, angka ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

"Apabila tidak ada larangan mudik, maka 33 persen orang masih mudik. Artinya ada 81 juta orang akan mudik. Tetapi kalo ada larangan mudik, orang yang ingin mudik 11 persen dengan angka 27 juta. Itu jumlah yg banyak, dan kami mengidentifikasi bahwa tujuan mudik yang paling banyak dari Jabodetabek ke Jateng sebanyak 37 persen atau kurang lebih 12 juta, Jabar 23 persen atau 6 juta, dan Jatim," kata Budi usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Rabu (7/4/2021).

Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pembatasan di 300 lokasi jalur darat, dan menindak tegas warga yang nekat mudik.

Sebelumnya, pemerintah melarang masyarakat mudik saat libur Lebaran mulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator PMK, Muhadjir Effendy usai melaksanakan rapat koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, Jumat (26/3/2021).

Editor: Friska Kalia

  • Aturan Larangan Mudik
  • Mudik Lebaran
  • Mudik 2021
  • #dilarangmudik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!