Menhub Prediksi 27 Juta Orang Nekat Mudik Meski Dilarang

Kemenhub akan menindak tegas warga yang nekat mudik

BERITA | NASIONAL

Rabu, 07 Apr 2021 19:25 WIB

Author

Astri Yuanasari

Menhub Prediksi 27 Juta Orang Nekat Mudik Meski Dilarang

Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi 27 juta orang nekat mudik meski Pemerintah sudah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Budi mengatakan, angka ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

"Apabila tidak ada larangan mudik, maka 33 persen orang masih mudik. Artinya ada 81 juta orang akan mudik. Tetapi kalo ada larangan mudik, orang yang ingin mudik 11 persen dengan angka 27 juta. Itu jumlah yg banyak, dan kami mengidentifikasi bahwa tujuan mudik yang paling banyak dari Jabodetabek ke Jateng sebanyak 37 persen atau kurang lebih 12 juta, Jabar 23 persen atau 6 juta, dan Jatim," kata Budi usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Rabu (7/4/2021).

Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pembatasan di 300 lokasi jalur darat, dan menindak tegas warga yang nekat mudik.

Sebelumnya, pemerintah melarang masyarakat mudik saat libur Lebaran mulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator PMK, Muhadjir Effendy usai melaksanakan rapat koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, Jumat (26/3/2021).

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)