Larang Mudik, Kepolisian Siapkan 300 Titik Penyekatan

"Ruas arteri baik jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan hingga Jawa Tengah, kita telah tetapkan titik-titik penyekatan itu agar semua memang tidak bisa melakukan mudik,"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 06 Apr 2021 08:24 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Larang Mudik, Kepolisian Siapkan 300 Titik Penyekatan

Ilustrasi: Rambu larangan mudik lebaran 2020. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-  Kepolisian menyiapkan titik-titik penyekatan di jalan tol dan ruas arteri sebagai tindak lanjut dari kebijakan larangan mudik tahun ini. Korlantas Polri Istiono mengatakan, ada 300-an titik penyekatan yang disiapkan di semua jalur mudik.

"Yang kita antisipasi adalah ruas-ruas jalur tol itu kita bangun titik-titik (penyekatan). Dan ruas arteri baik jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan hingga Jawa Tengah, kita telah tetapkan titik-titik penyekatan itu agar semua memang tidak bisa melakukan mudik," kata Istiono usai rapat bersama Kementerian Perhubungan, Jumat (2/4/2021).

Korlantas Polri Istiono menambahkan, penyekatan paling banyak akan dilakukan di ruas jalan dari Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara itu, Polda Metro Jaya hingga kini masih menunggu petunjuk lengkap mengenai pelaksanaan larangan mudik dari pemerintah. Dirlantas Polda Metro Jaya memastikan akan menindaklanjuti aturan larangan mudik dengan ketat.

"Kita masih menunggu petunjuk lengkap dari Kemenhub dan Satgas Covid-19 nasional," ujarnya kepada KBR melalui keterangan tertulis, Senin (5/4/2021).

Sebelumnya Pemerintah melarang mudik Lebaran tahun 2021. Keputusan itu diambil usai rapat koordinasi tingkat menteri. Larangan mudik berlaku untuk seluruh masyarakat pada 6-17 Mei 2021.

Kementerian Perhubungan bakal segera menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) guna menindaklanjuti kebijakan larangan mudik Lebaran tahun ini.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, aturan tersebut masih dalam tahap finalisasi. Aturan itu berisi mengenai pengendalian moda transportasi pada momentum Lebaran.

"Aturannya masih dikoordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait. Belum bisa disampaikan detailnya," kata Adita melalui pesan singkat kepada KBR, Senin (5/4/2021). 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa