Kemendagri Jamin Tak Ada Diskriminasi Pembuatan e-KTP Bagi Transgender

"Nah untuk kaum transgender, ini juga merupakan bagian tugas dari kami. Kami harus mendata mereka sebagai penduduk, sebagai warga negara Indonesia"

BERITA | NASIONAL

Senin, 26 Apr 2021 18:26 WIB

Author

Astri Yuanasari

Kemendagri Jamin Tak Ada Diskriminasi Pembuatan e-KTP Bagi Transgender

ilustrasi KTP elektronik/e-KTP

KBR, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri menjamin tak ada diskriminasi bagi kaum transgender dalam pembuatan KTP elektronik, atau e-KTP.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh bahkan telah menunjuk pejabat pelaksana yang akan membantu mengkoordinasikan para transgender mengurus dokumen kependudukannya dengan mudah.

"Nah untuk kaum transgender, ini juga merupakan bagian tugas dari kami. Kami harus mendata mereka sebagai penduduk, sebagai warga negara Indonesia. Kami terbitkan KTP dan kartu keluarganya agar mereka bisa mendapatkan pelayanan publik dengan baik, mereka warga negara yang harus kita layani, kami melayani tanpa diskriminasi. Nah pelayanan ini dengan output KTP-el dan KK, agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan dengan BPJS, pelayanan bantuan sosial dan pelayanan publik yang lain" kata Zudan yang diunggah di channel Youtube pribadinya, Senin (26/4/2021).

Namun, kata Zudan, tak ada kolom transgender di e-KTP. Pencatatan tetap berdasarkan jenis kelamin asli, kecuali, bagi mereka yang telah ditetapkan oleh pengadilan untuk mengubah jenis kelaminnya.

"Tidak ada jenis kelamin yang lain, jenis kelamin yang ketiga, atau jenis kelamin transgender, tidak ada. Kami sesuai dengan Undang-undang Adminduk normatif, bahwa di Indonesia dalam sistem Adminduk hanya ada dua jenis kelamin laki-laki dan perempuan, tidak ada jenis kelamin yang ketiga," imbuhnya.

Berdasarkan rilis dari Kemendagri, Dirjen Dukcapil telah memperoleh data 112 transgender di kawasan Jabodetabek yang belum memiliki dokumen kependudukan. Dalam rilis itu, seratusan transgender akan dibantu mengurus dokumen mereka.

Bagi transgender yang pernah terdata dan punya KTP lama, Dukcapil Kemendagri hanya akan melakukan verifikasi data di database.

"Jika data lolos verifikasi, maka Dukcapil akan membuat KTP elektronik terbaru untuk mereka," jelasnya.

Zudan menambahkan, pengurusan dokumen surat pindah dan akta kelahiran dapat dilakukan secara daring, atau melalui hotline Whatsapp di Dinas Dukcapil setempat.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10