BERITA

Jakarta, Jawa Barat, dan Banten akan Kerja Sama Terapkan PSBB

Jakarta, Jawa Barat, dan Banten akan Kerja Sama Terapkan PSBB

KBR, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan bekerja sama dengan Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kerja sama PSBB ini rencananya akan diterapkan antara Jakarta dengan wilayah di sekitarnya, yakni:

    <li>Kota Tangerang;</li>
    
    <li>Kota Tangerang Selatan;</li>
    
    <li>Kabupaten Tangerang;</li>
    
    <li>Kabupaten Bekasi;</li>
    
    <li>Kabupaten Bogor;</li>
    
    <li>Kota Bogor, dan;</li>
    
    <li>Kota Depok.</li></ul>
    

    Anies menegaskan kerja sama ini dilakukan demi memutus rantai penularan Covid-19 secara maksimal.

    "Karena memang kawasan ini menjadi satu epicenter dan perlu ada sinkronisasi langkah. Jadi apa yang dikerjakan di Jakarta, pembatasan-pembatasan yang kita akan lakukan, itu juga yang nanti akan menjadi rujukan supaya nanti kita punya pola yang sama," kata Anies dalam jumpa pers di Pendopo Balai Kota, Jakarta, Rabu sore (8/4/2020).

    "Mudah-mudahan ini bisa segera tuntas sehingga nantinya masyarakat bisa memiliki pedoman yang sama," lanjutnya. 


    Pergub PSBB Jakarta Jadi Acuan

    Anies menyebut, setelah Peraturan Gubernur (Pergub) PSBB Jakarta rampung, dokumennya akan dibagikan ke daerah-daerah tadi sebagai acuan.

    "Jadi pengaturan administrasi tiap kabupaten/kota sendiri-sendiri, tiap provinsi, tetapi substansinya kita samakan," jelas Anies.

    "Karena substansi yang kita samakan, jadi seperti kita menyusun Pergub ini, menjadi bahan untuk menyusun sesuai dengan tantangan dan kebutuhan di daerahnya masing-masing," jelasnya lagi.

    Jakarta sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menerapkan PSBB pada Selasa (7/4/2020). Sedangkan Pemprov Jawa Barat baru mengajukan permintaan izin PSBB ke Kemenkes pada Rabu (8/4/2020). 

    Editor: Agus Luqman

  • COVID-19
  • Jawa Barat
  • DKI Jakarta
  • banten
  • psbb

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!