BERITA

Dampak Covid, Presiden Ingatkan Kepala Daerah Soal Bahan Pokok dan Panen

"“Covid-19 ini bisa berdampak pada kelangkaan pangan dunia atau krisis pangan dunia.""

Dwi Reinjani

Dampak Covid, Presiden Ingatkan Kepala Daerah Soal Bahan Pokok dan Panen
ilustrasi: Petani memanen padi di Kampung Karanganyar, Sayar, Serang, Banten, Sabtu (11/4/2020). (Antara/Asep)

KBR, Jakarta-  Presiden, Joko Widodo meminta  Menteri Dalam Negeri dan kepala daerah mempersiapkan ketersediaan bahan pokok selama pandemi dan menjelang Ramadan. Jokowi juga meminta agar kepala daerah mampu mengantisipasi kendala apa saja yang mungkin terjadi dalam menyediakan kebutuhan pokok ke depan.

“Perlu saya ingatkan lagi untuk mungkin ini Pak Menteri Dalam Negeri agar menjaga, dan gubernur, bupati, walikota diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok. Membuat perkiraan-perkiraan ke depan sehingga kita bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan,” ujar Jokowi, dalam telewicara video, Senin (13/04/2020).

Jokowi juga mengingatkan agar kepala daerah, memperhatikan imbauan Organisasi Pangan Dunia (Food and Agriculture Organization), terkait pengaruh Covid-19 dalam kelangkaan pangan dunia. Sehingga Jokowi meminta, agar panen tetap bisa aman.

“Covid-19 ini bisa berdampak pada kelangkaan pangan dunia atau krisis pangan dunia. Ini betul-betul harus kita pastikan, mungkin panen yang ini baik, tapi panen yang pada penanaman bulan Agustus, September yang kedua nanti betul-betul diliat secara detail. sehingga tidak mengganggu produksi rantai pasokan maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada.” ujar Jokowi.  

Editor: Rony Sitanggang

 

  • Aprindo
  • sembako
  • psbb
  • ritel
  • PSBB Jakarta
  • physical distancing
  • Hippindo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!