NASIONAL

Jelang Ramadan, Pemerintah Jamin Pasokan Pangan

Jelang Ramadan, Pemerintah Jamin Pasokan Pangan

KBR, Jakarta- Pemerintah menjamin pasokan dan ketersediaan bahan pangan  menjelang bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengatakan, pemerintah melalui Kementan, Kemendag, dan Bulog, menjamin pasokan berbagai macam bahan pangan aman.

Menurut Dia, ketersediaan stok di gudang milik Bulog maupun petani, sangat mencukupi kebutuhan di seluruh nusantara. 

"Tentu tetap harus kita jaga, kaitannya dengan memonitor harga harian dan melaksanakan operasi pasar manakala diperlukan ini sudah kita siapkan," ucap Agung di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).
 

Meski begitu, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP Kementan) Agung Hendriadi mengungkapkan, kenaikan harga juga sempat terjadi pada beberapa bahan pangan seperti bawang merah dan cabai pada awal   April ini. 


"Kalau dari segi harga ada sedikit kenaikan, ada kenaikan cukup signifikan pada awal bulan April itu kaitannya dengan bawang merah dan cabai merah. Namun demikian minggu terakhir ini harganya sudah mulai menurun sedikit karena kita sebagian sudah mulau memasuki panen saat ini sedikit-sedikit ada panen, tapi puncaknya panen pertengahan Mei sampai bulan Juni," ujar Agung.


Agung Hendriadi menambahkan, berlangsungnya musim panen beberapa bahan pangan saat bulan   diyakini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat yang tinggi.


"Itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan puncak pada bulan ramadhan yaitu pada satu minggu menjelang Idul Fitri itu biasanya puncaknya setinggi-tingginya." Pungkasnya.


Editor: Rony Sitanggang

  • ramadan 2019
  • pengendalian harga pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!