(CEKFAKTA) MetroTV Tayangkan Hitung Cepat Menangkan Prabowo? Ini Faktanya

Foto itu memperlihatkan grafis pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto unggul dalam penghitungan suara hitung cepat sejumlah lembaga survei, dengan keunggulan di atas 54 persen.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 17 Apr 2019 22:10 WIB

Author

Agus Lukman

(CEKFAKTA) MetroTV Tayangkan Hitung Cepat Menangkan Prabowo? Ini Faktanya

Hasil hitung cepat di televisi yang viral di media sosial - Foto Twitter

Berita:

Sejumlah media sosial mengunggah foto tayangan televisi dari stasiun MetroTV yang memperlihatkan hasil hitung cepat pemilu 2019.

Foto itu memperlihatkan grafis pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto unggul dalam penghitungan suara hitung cepat sejumlah lembaga survei, dengan keunggulan di atas 54 persen. 

Sedangkan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 memperoleh suara di kisaran 43-45 persen berdasarkan hitung cepat lembaga survei. 

Namun pada bagian bawah, tercantum pasangan calon 01 menang dengan 54,81 persen sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 45,19 persen.  

Foto tayangan itu juga muncul di berbagai media sosial lain.

Hasil Cek Fakta:

Berdasarkan penelusuran KBR dari rekaman tayangan televisi, foto itu memperlihatkan tayangan di MetroTV pukul 15.11 WIB. 


Pada 15.12 WIB, tayangan MetroTV memperlihatkan dua bagian hasil hitung cepat. Grafis di bagian atas dengan foto pasangan calon 01 dan 02, sama seperti foto yang menyebar di Twitter. 

Sedangkan bagian bawah memperlihatkan hasil hitung cepat per lembaga yang isinya kebalikannya. 


Di tayangan itu, enam lembaga survei yaitu Indobarometer, SMRC, LSI Denny JA, Charta Politika, Poltracking dan Voxpol Center mencantumkan data hasil hitung cepat yang memenangkan pasangan Jokowi-Maruf dengan keunggulan di atas 54 persen.

Tayangan itu juga memperlihatkan grafis bagian atas terbalik-balik antara nama lembaga dan logo. LSI Denny JA menggunakan grafis Indo Barometer. Sedangkan Indo Barometer menggunakan logo Charta Politika. 

Lembaga Charta Politika menggunakan logo SMRC, sedangkan SMRC menggunakan logo LSI Denny JA. 

Pada pukul 21.00 WIB, Headline News MetroTV menayangkan koreksi atas kekeliruan itu.

"Terdapat kesalahan teknis dalam penayangan grafis data hasil sementara penghitungan cepat Pilpres 2019 pada pukul 15.12 WIB. Di dalam tayangan tersebut terdapat perbedaan data grafis dengan election ticker yang muncul di layar. Berikut kami tampilkan data terakhir penghitungan suara yang benar," kata penyiar MetroTV, Rabu (17/4/2019). 

Kesimpulan: 

Tayangan foto itu benar, namun isi dan substansinya karena kesalahan teknis.  

gambarnya bukan editan kok, memang sempet gitu di metro cuma itu kesalahan input, langsung diganti kok:)

di tv-tv lain masih kubu pertahanan yang unggul jadi yang di pict ini detik-detik salah input

— Cani. . .

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Perempuan sebagai Pembuat Perubahan, Dukungan dan Tantangan

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11