NASIONAL

2 Tahun Pasca-Penyerangan Novel Baswedan, Ini Kata Mabes Polri

2 Tahun Pasca-Penyerangan Novel Baswedan, Ini Kata Mabes Polri

KBR, Jakarta-    Mabes Polri enggan merespon berbagai pertanyaan mengenai kasus penyerangan brutal terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Polri bahkan tidak mau menjelaskan hasil kerja Tim Gabungan Independen yang ada di tubuhnya.

Hari ini, tepat dua tahun kasus penyiraman air keras ke wajah Novel. Juru Bicara Mabes Polri Dedi Prasetyo malah meminta media menanyakan isu tersebut ke Polda Metro Jaya. Dia mengklaim tak memiliki informasi mengenai perkembangan kasus itu dan kerja Tim Gabungan Independen di tubuh Polri.


"Saya gak ada datanya. Monggo ke om Argo. Kalau ada datanya saya sampaikan. Tidak ada tanggapan," kata Dedi di ruangannya, Mabes Polri, Jakarta, Kamis (11/4).


Ini bukan kali pertama Juru Bicara Mabes Polri mengelak dari pertanyaan tentang kasus Novel Baswedan. Sebelumnya, dia juga meminta media menanyakan ke Juru Bicara Polda Metro Jaya Argo Yuwono untuk mendapat informasi tentang kasus tersebut. 


Sebelumnya, usai doa bersama 2 tahun pascapenyerangan, Novel Baswedan  mengeluhkan, tidak pernah dibentuknya Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) langsung di bawah Presiden, membuat kasus ini tak memiliki kemajuan. Kata dia, yang ada saat ini hanyalah Polri yang membentuk Tim Gabungan Penyelidik Penyidik, pada Januari 2019 silam.


Novel Baswedan menilai, tim gabungan yang saat ini bekerja tidak menunjukkan perkembangan yang berarti,  sehingga dia menginginkan, Presiden membentuk TGPF yang independen. Dia melihat, tim yang saat ini ada juga belum efektif, lantaran para anggota tim, mayoritas merupakan orang-orang di dalam kepolisian.


"Dengan melihat komposisi ini, saya pertama melihat Kapolri kok sepertinya mau menutup diri, kalau memang itikadnya untuk diungkap kenapa tidak dibuka saja orang-orang dari luar, diberikan kesempatan untuk juga terlibat. Apakah menurut kapolri diluar tidak ada yang memiliki kemampuan, tentu kan tidak." ujar Novel.


Editor: Rony Sitanggang

  • 2 tahun penyerangan Novel
  • #2tahunNovelbuta
  • Novel Baswedan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!