BERITA

PPATK Temukan Dana Korupsi Heli AW 101 Mengalir ke 2 Negara

PPATK Temukan Dana Korupsi Heli AW 101 Mengalir ke 2 Negara

KBR, Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan aliran dana senilai Rp340 miliar ke Singapura dan Inggris, terkait dugaan korupsi pembelian helikopter Augusta Westland AW 101.

Kepala PPATK, Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, duit itu berasal dari perusahaan penyedia barang yakni PT Diratama Jaya Mandiri.

"Terdapat aliran dana oleh perusahaan penyedia barang ke luar negeri, dengan nilai terbesar ke Singapura dan Inggris dengan total Rp340 miliar yang diduga untuk pembayaran pembelian helikopter," terang Ketua PPATK Kiagus Badaruddin di Gedung DPR RI, Rabu (18/4/18). 

"Adapun transaksi ke Singapura ditujukan ke perusahaan yang terafiliasi dengan perusahaan penyedia barang," imbuhnya.

Atas temuan tersebut, Kiagus Badaruddin menambahkan, lembaganya telah menyerahkan hasil analisis kasus pengadaan helikopter ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, PPATK juga menyampaikan informasi transaksi keuangan ke Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/nasional/05-2017/dugaan_korupsi_pembelian_helikopter__aw_101__jenderal_bintang_satu_jadi_tersangka/90328.html">Dugaan Korupsi Pengadaan Helikopter AW 101, Jenderal Bintang Satu jadi Tersangka</a>&nbsp;<br>
    
    <li><a href="http://kbr.id/berita/08-2017/bpk_audit_proyek_pembelian_heli_aw_101_dan_pengadaan_alutsista_di_lima_lembaga/91818.html"><b>BPK Audit Proyek Pembelian Helikopter AW 101</b></a>&nbsp;<br>
    

Berdasarkan analisis transaksi, PPATK menemukan ada selisih Rp150 miliar lebih antara dana pembayaran pengadaan helikopter dengan yang diterima perusahaan penyedia barang.

Kiagus Badaruddin menjelaskan, nilai pengadaan helikopter berdasarkan kontrak sebesar Rp514 miliar tapi diduga digelembungkan hingga Rp738 miliar. Sehingga diperkirakan kerugian negara akibat dugaan korupsi pengadaan helikopter AW 101 sebesar Rp224 miliar.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/11-2017/kpk_menang_praperadilan_tersangka_dugaan_korupsi_heli__aw_101/93381.html">KPK Menang Praperadilan Tersangka Korupsi Helikopter AW 101</a>&nbsp;<br>
    
    <li><a href="http://kbr.id/berita/02-2017/kisruh_pembelian_heli__aw_101__panglima_dan_menhan__tak_tahu__/88572.html"><b>Kisruh Pembelian Helikopter AW 101, Panglima dan Menhan Tidak Tahu</b></a>&nbsp;<br>
    



Editor: Nurika Manan

  • helikopter AW 101
  • KPK
  • PPATK
  • Kiagus Badaruddin
  • Kepala PPATK
  • TNI
  • Korupsi Alutsista

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!