BERITA

Koalisi Kendeng Lestari Kecam 'Intimidasi' Sutiyoso terhadap Warga Penolak Pabrik Semen

" "Ini pergerakan liar di lapangan. Seharusnya mereka semua menghormati dan bersabar menunggu tim KLHS menyelesaikan laporan ke Presiden Jokowi," kata Isnur. "

Rio Tuasikal

Koalisi Kendeng Lestari Kecam 'Intimidasi' Sutiyoso terhadap Warga Penolak Pabrik Semen
Komisaris Utama PT Semen Indonesia, Sutiyoso. (Foto: setkab.go.id/Publik Domain)


KBR, Jakarta - Koalisi Kendeng Lestari mengecam tindakan Komisaris PT Semen Indonesia Sutiyoso yang mendatangi rumah warga Kendeng, Jawa Tengah, yang menolak pendirian pabrik semen.

Anggota Koalisi dari LBH Jakarta, Muhammad Isnur mengatakan kehadiran Sutiyoso merupakan bentuk intimidasi secara halus. Padahal, kata Isnur, seharusnya seluruh pihak menunggu hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kendeng yang akan diumumkan dalam waktu dekat.


"Harusnya semua pihak, termasuk PT Semen Indonesia dan komisarisnya, menghargai upaya yang sudah dilakukan Jokowi," kata Isnur kepada KBR, Jumat (7/5/2017) malam.


Isnur mengatakan Sutiyoso datang ke rumah petani penolak pabrik semen, Joko Prianto yang juga koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK). Menurut Isnur, Sutiyoso datang dengan rombongan berjumlah 15 orang termasuk dari PT Semen Indonesia bersama anggota polisi dan TNI. Sementara warga lain juga ikut berkumpul di rumah Joko.


"Ini pergerakan liar di lapangan. Seharusnya mereka semua menghormati dan bersabar menunggu tim KLHS menyelesaikan laporan ke Presiden Jokowi," kata Isnur.


Dalam kunjungan itu, kata Isnur, Sutiyoso mempertanyakan kenapa warga terus menolak pabrik. Dalam pertemuan itu, kata Isnur, Sutiyoso juga mengklaim pertambangan kapur dan pendirian pabrik semen aman serta mengklaim izin pabrik sudah sah.  

 

"Kita di situ banyak berdebat. Akhirnya warga malah membantah banyak hal yang disampaikan Sutiyoso," kata Isnur.


Kunjungan Sutiyoso itu dilakukan pada Kamis (6/4/2017), setelah bekas Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu dilantik sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia. Dalam pertemuan itu, Koordinator JMPPK Joko Prianto menegaskan kawasan Kendeng merupakan kawasan karst yang dilindungi.


Baca: Jadi Komisaris PT Semen Indonesia, Ini yang akan Dilakukan Sutiyoso   

Editor: Agus Luqman 

  • sutiyoso
  • Koalisi Kendeng Lestari
  • PT Semen Indonesia
  • rembang
  • Jawa Tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!