BERITA

Indonesia Kecam Serangan Amerika ke Suriah

""Tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional, dalam menyelesaikan konflik secara damai, sebagaimana disebutkan dalam piagam PBB,""

Indonesia Kecam Serangan Amerika ke Suriah
Dubes Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley memperlihatkan foto korban dalam sebuah pertemuan di Dewan Keamanan PBB untuk Suriah di kantor PBB di New York City, New York, Amerika Serikat, Rabu (5/4).


KBR, Jakarta- Indonesia prihatin atas serangan militer Amerika Serikat terhadap Suriah.  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Natsir mengatakan, serangan rudal Tomahawk yang diluncurkan Presiden Trump ini melanggar prinsip-prinsip hukum internasional.

"Tindakan militer yang dilakukan tanpa persetujuan dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) tersebut, tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional, dalam menyelesaikan konflik secara damai, sebagaimana disebutkan dalam piagam PBB," kata Arrmanatha Natsir di Kementerian Luar Negeri, Jumat (7/4/2017).

Baca: Trump Perintahkan Serang Rusia

Arrmanatha menegaskan sikap Indonesia yang mengutuk penggunaan senjata kimia di Suriah yang menelan banyak korban termasuk anak-anak.

"Indonesia menolak penggunaan senjata kimia, oleh siapapun, dan untuk tujuan apapun," kata dia.


Ia menuturkan, Indonesia mendesak semua pihak menahan diri dan mengedepankan dialog dan proses politik yang inklusif di Suriah. Indonesia juga meminta akses kemanusiaan di sana untuk dibuka.


"Indonesia menekankan agar semua pihak menghentikan seluruh tindak kekerasan, menghormati dan melindungi Hak Asasi Manusia (HAM), menyelesaikan konflik melalui perundingan dan diplomasi," tuturnya.


Indonesia mendorong DK PBB tidak berdiam diri membiarkan konflik di Suriah berlarut-larut.


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Natsir mengatakan,  Pemerintah belum berencana menutup kedutaan besar di Damaskus karena masih ada WNI yang berada di sana.


"Kedubes kita di sana, masih tetap buka, masih normal, dan ini akan terus kita lihat perkembangan ke depannya seperti apa," ucapnya. 


Editor: Rony Sitanggang

  • Juru Bicara Kemenlu Arrmanantha Nasir
  • konflik suriah
  • Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • edi7 years ago

    Seperti biasa komentarnya basi banget .. Saat banyak negara mendukung serangan tsb sebagai balasan atas serangn senjata kimia oleh suriah, ini malah mengomentari seolah ngajarin ke anak SD .. Udah basi kali dibilangin begitu mah c suriah mah.

  • Fajar7 years ago

    Itu adalah keputusan yg berani yg diambil donald trump. Dan menurut saya, keputusan seperti itu baik untuk dilakukan selama tidak memakan korban rakyat sipil. agar bassar cepet lengser dr kursi president.

  • Entong7 years ago

    Btul tu pa