Anggap Urusan Kecil, Panglima TNI Bantah Akan Laporkan Tirto.id ke Dewan Pers

"Ngapain mengurusi berita kecil seperti itu? Nggak usah dipikirin," kata Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 25 Apr 2017 20:57 WIB

Author

Ninik Yuniati

Anggap Urusan Kecil, Panglima TNI Bantah Akan Laporkan Tirto.id ke Dewan Pers

Panglima TNI Gatot Nurmantyo. (Foto: ANTARA)


KBR, Jakarta - Panglima TNI Gatot Nurmantyo membantah pemberitaan bahwa TNI akan melaporkan tirto.id ke Dewan Pers terkait dengan berita investigasi jurnalis Amerika Serikat Allan Nairn.

Panglima TNI mengatakan tidak akan menanggapi serius berita kecil yang dimuat media Tirto. Ia mengatakan TNI AD hanya akan berdiskusi dengan Dewan Pers.

"Tidak ada itu. Ngapain mengurusi berita kecil seperti itu? Nggak usah dipikirin. Nggak, paling cuma ngomong-ngomong aja ke Dewan Pers, lu gimana? Begitu saja," kata Gatot Nurmantyo di Kemenko Polhukam, Selasa (25/4/2017).

Pada akhir pekan lalu, institusi TNI secara resmi menyebut laporan investigasi Allan Nairn yang dimuat di Tirto.id sebagai berita hoax atau palsu. Juru bicara Markas Besar TNI Wuryanto mengatakan institusi TNI akan melaporkan kasus itu ke Mabes Polri.

Meski begitu, Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan tidak akan menempuh jalur hukum.

"Sama aja kamu berkelahi dengan orang gila. Mau menang juga kamu dibilang gila, mau kalah juga gila. Gitu aja gambarannya," ujar Gatot kepada media seusai acara Dharmasanti Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2017).

Potongan wawancara ini diunggah di twitter @tni_ad 24 April lalu.

Pada hari pemungutan suara pilkada Jakarta 19 April lalu, Allan Nairn mengunggah tulisan investigasi di situs theintercept.com berjudul Trump's Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President. Tulisan ini kemudian diterjemahkan oleh Tirto.id dan menjadi viral.

Dalam tulisan itu, Allan menyebut gelombang penolakan disusul dugaan penistaan agama terhadap Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama hanya dalih untuk makar. Tujuan utamanya adalah menggulingkan Presiden Joko Wiidodo.

Allan Nairn mewawancara pensiunan TNI Kivlan Zein. Dalam wawancara itu, Kivlan menyebut Panglima TNI Gatot Nurmantyo menyetujui dan mendukung rencana makar tersebut.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tambahan Anggaran COVID-19 untuk Pemulihan Ekonomi