BERITA

Tiket Mudik Kereta Ludes, PT KAI: Akan Ada Tambahan

" Namun, karena kapasitas kereta api juga terbatas, warga yang kehabisan tiket disarankan mempersiapkan diri menggunakan moda transportasi untuk mudik lebaran."

Tiket Mudik Kereta Ludes, PT KAI:  Akan Ada Tambahan
Suasana pemesanan tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (28/3). PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menjual tiket kereta untuk mudik Lebaran 2016 sejak 28 Maret atau H-90 lebaran. (F

KBR, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal menambah tiket kereta api untuk melayani arus mudik Lebaran 2016. Hal itu menanggapi ludesnya tiket kereta api ke sebagian besar wilayah di Jawa, untuk pemesanan H-6 lebaran hingga H-1 lebaran pada tanggal 5 Juli 2016.

Juru bicara PT KAI Daops I Bambang S Prayitno mengatakan tiket yang ludes itu merupakan tiket kereta api reguler yang memang sudah tersedia 90 hari sebelum keberangkatan.


Bambang mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, PT KAI akan menyediakan rangkaian kereta api tambahan khusus mudik hari raya. Namun, ia belum mengetahui berapa banyak kursi tambahan yang disediakan dan kapan tersedia. Diperkirakan pada  Mei atau H-60 akan dibuka pembelian tiket tambahan.


"Nanti kita evaluasi, kebutuhannya itu untuk jurusan mana, KA apa, rangkaiannya berapa. Evaluasi ini kan harus komprehensif. Nanti dituangkan dengan Rencana Operasi Angkutan Lebaran. Rencana Operasi Angkutan Lebaran itu kan tidak hanya kereta berangkat dari Jakarta saja, tapi juga dari Bandung, ada yang dari Purwokerto, Yogyakarta, Semarang. Bersyukur di PT KAI ini sudah H-90 itu sudah kelihatan kebutuhan masyarakat seperti apa, nanti kita lihat tujuannya ke mana saja," kata Bambang S Prayitno kepada KBR, Selasa (5/4/2016).


Juru bicara PT KAI Daops I Bambang S Prayitno mengatakan seluruh penjualan tiket kereta api, baik reguler maupun kereta tambahan dilakukan melalui sistem daring. Bagi warga yang kehabisan tiket kereta api reguler untuk mudik, bisa menunggu tersedianya tiket kereta tambahan khusus Lebaran.


Namun, karena kapasitas kereta api juga terbatas, warga yang kehabisan tiket disarankan mempersiapkan diri menggunakan moda transportasi angkutan lebaran lain.


Sejak beberapa hari ini tiket kereta api untuk jadwal keberangkatan sepekan sebelum Hari Raya Lebaran ludes hanya dalam hitungan menit setiap harinya. Banyak orang kecewa karena gagal memperoleh tiket kereta api melalui online, sehingga harus antre pada hari berikutnya. 


Editor: Rony Sitanggang

  • mudik
  • PT KAI
  • tiket kereta api
  • lebaran 2016
  • mudik lebaran
  • perhubungan
  • transportasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!