BERITA

Senin Depan, Keluarga dan Pengacara Jenguk Baasyir di Lapas Gunung Sindur

"Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Achmad Michdan mengaku baru diberitahu pemindahan Abu Bakar Baasyir dari LP Pasir Putih Nusakambangan ke Gunung Sindur, Bogor tadi pagi."

Muhamad Ridlo Susanto

Senin Depan, Keluarga dan Pengacara Jenguk Baasyir di Lapas Gunung Sindur
Mobil Baracuda yang membawa terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir memasuki wilayah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/4). (Foto: Anta

KBR, Cilacap – Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Achmad Michdan mengaku baru diberitahu pemindahan Abu Bakar Baasyir dari LP Pasir Putih Nusakambangan ke Gunung Sindur, Bogor tadi pagi. Itu sebab, tidak ada satu pun kuasa hukum Abu Bakar Baasyir yang mengikuti proses pemindahan ini.

Michdan mengkritik pihak Lapas yang seolah menutupi proses pemindahan ini, kendati isu tersebut sudah ramai dibicarakan sejak pekan lalu. Dia perpendapat, tindakan apapun yang akan dilakukan pihak Lapas kepada terpidana mestinya diberitahukan ke kuasa hukumnya.

"Jadi saya diberitahu tadi pagi, sekitar haampir jam tujuh, dalam perjalanan dari Pasir Putih ke Airport Cilacap. Nggak tahu kita, yang mindahin siapa, cerita juga tidak. Kalau kita nggak ngerti pemindahannya karena apa. Kalau saya sih malah maunya beliau dipindahkan ke Lapas terdekat dengan kelauraga. Sebab usianya sudah sepuh, dan pemidanaannya juga cukup lama," kata dia di Cilacap, Sabtu (16/4).

Lebih lanjut ia juga mengaku tak mengetahui alasan pemindahan ke Gunung Sindur. Mempertimbangkan usia Baasyir yang sudah tua dan sakit-sakitan, keluarga dan tim pengacara justru berharap Baasyir dipindah ke Lapas yang dekat dengan keluarga.

Achmad Michdan menambahkan, TPM berencana bertemu Baasyir di Gunung Sindur Senin (18/4) pekan depan. Keluarga Baasyir, kata dia, terakhir bertemu pada Rabu (13/4) lalu di Lapas Pasir Putih. Namun saat itu Baasyir juga tidak bercerita akan dipindahkan.

Hingga berita ini diturunkan, KBR belum berhasil mengonfirmasi ke pihak Lapas terkait alasan pemindahan terpidana kasus terorisme tersebut.

Pemindahan terpidana terorisme Jalin Ponto Aceh, Abu Bakar Baasyir dilakukan Sabtu pagi (16/4). Pemindahan ini bersamaan dengan dikembalikannya Fredy Budiman, terpidana mati narkoba ke LP Nusakambangan.

Editor: Nurika Manan

  • abu bakar baasyir
  • Pemindahan Abu Bakar Baasyir
  • Lapas Sindur
  • Pengacara Abu Bakar Baasyir

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!