Pelatnas BMX Dipusatkan di Banyuwangi

Ketua Umum Pengurus Besar ISSI, Rajasapta Oktohari mengatakan, sirkuit BMX yang berada di Kecamatan Muncar itu, merupakan sirkuit terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

BERITA , NASIONAL

Minggu, 03 Apr 2016 14:57 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Pelatnas BMX Dipusatkan di Banyuwangi

Para pebalap BMX kelas elite 1 beradu cepat di sirkuit Internasional BMX Muncar Banyuwangi, dalam ajang Banyuwangi Internasional BMX 2016. Foto Hermawan

KBR, Banyuwangi - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) memutuskan untuk pelatihan nasional BMX dipusatkan di Sirkuit Internasional BMX Muncar Banyuwangi, Jawa Timur. Pelatihan itu, sebagai persiapan menuju Olimpiade Rio de Jeneiro 2016.

Ketua Umum Pengurus Besar ISSI, Rajasapta Oktohari mengatakan, sirkuit BMX yang berada di Kecamatan Muncar itu, merupakan sirkuit terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Sirkuit BMX Muncar ini juga dibangun sesuai dengan kriteria seperti yang distandarkan oleh Union Cycle International (UCI). Di antaranya kata dia,  panjang dan kemiringan lintasan, serta tinggi tanjakan  sangat menantang. Sehingga dia yakin, sirkuit Internasional Muncar ini bisa memacu adrenalin pebalap.

”Kita menghadapi tahun-tahun olahraga. Tahun ini ada Olimpiade, tahun depan ada Sea Games, tahun berikutnya ada ASEAN Games yang dimana Indonesia jadi tuan rumah. Kami melihat bahwa untuk trak, kualitas trak yang sesui dengan UCI satu- satunya ada di Banyuwangi. Sehingga tidak salah apabila kita mengambil keputusan bahwa pusat pelatihan BMX itu ada di Banyuwangi,” kata Rajasapta Oktohari (3/4/2016).

Rajasapta Oktohari menambahkan, Indonesia saat ini baru memiliki tiga sirkuit BMX, yakni di Siak, Yogyakarta dan terbaru ada di Banyuwangi. Siak sudah lama dibangun, namun tingkat kesulitannya diakui Raja Sapta berbeda dengan Banyuwangi.

Sirkuit BMX Muncar merupakan sirkuit milik Pemkab Banyuwangi yang dibangun 2015 dengan anggaran mencapai Rp 2 miliar. Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar ini sebelumnya digunakan pada pergelaran Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) V tahun 2015 saat Banyuwangi menjadi tuan rumahnya.

Sirkuit BMX Muncar memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang bervariasi, yakni 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. Lintasan tersebut memiliki 17 tanjakan (jumping) dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 meter hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat.

Editor: Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Pemisahan Sel Napi LGBT Tuai Protes

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Dinilai Lamban Antisipasi Gagal Panen di Musim Kemarau

Menyiasati Mahalnya Biaya Pendidikan