HEADLINE

Lapas Kelebihan Penghuni Picu Kerusuhan, Kapolri akan Bahas dengan Menkumham

Lapas Kelebihan Penghuni Picu Kerusuhan, Kapolri akan Bahas dengan Menkumham

KBR, Jakarta - Kapolri Badrodin Haiti bakal membahas masalah kelebihan kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Ia mengakui, kelebihan beban hunian kerap menjadi penyebab kerusuhan di Lapas. Sebab, kondisi itu akan memberi tekanan psikologis ke petugas.

"Nanti dibicarakan oleh Menkumham gimana pengamanan selanjutnya. Karena memang hampir seluruhnya lapas ini overload sehingga harus dicari jalan keluarnya supaya tidak terlalu banyak tekanan-tekanan, karena bagaimanapun juga kalau overload secara psikologis akan menekan, fasilitas terbatas, sehingga ini tambah kerawanan di dalam" kata Badrodin di Halim Perdanakusuma, Sabtu (23/4).

Pernyataan tersebut menyusul meledaknya kerusuhan di Lapas Banceuy, Bandung.

Sabtu pagi tadi, terjadi kerusuhan di Lapas Banceuy, Bandung. Ratusan napi membakar dan melempari ruang petugas lapas. Hal ini disulut oleh meninggalnya seorang napi yang diduga dianiaya petugas sipir. Napi tersebut dituding menyelundupkan narkoba ke Lapas.

Editor: Nurika Manan

  • Lapas Banceuy
  • Kerusuhan Lapas
  • Kapolri Badrodin Haiti
  • Lapas Overload

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!