BERITA

BLU Belum Terbentuk, BUJT Akan Talangi Pembebasan Lahan Jalan Tol

BLU Belum Terbentuk, BUJT Akan Talangi Pembebasan Lahan Jalan Tol

KBR, Jakarta– Perusahaan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan menalangi pembebasan jalan tol sebelum Badan Layanan Umum (BLU) terbentuk. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, penalangan itu hanya sampai BLU terbentuk dan menerima kucuran dana APBNP.


“Membahas talangan dana untuk pembebasan lahan jalan tol. Jalan tol semua. Kan dulu di Perpres 3 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis, pembebasan lahan untuk proyek-proyek strategis yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat bisa ditalangi oleh badan usaha,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (08/04/16).


Basuki melanjutkan, "cuma sekarang akan dibikin BLU-nya oleh Menteri Keuangan. Jadi BLU sebagai land banking. Jadi nanti pembebasan lahan oleh BLU tersebut."


Basuki mengatakan, BLU baru akan terbentuk Mei mendatang. Begitu pula soal kucuran dana yang menunggu penyetujuan APBNP di Dewan Perwakilan Rakyat. Sehingga, agar proyek jalan tol tidak mandek, Basuki dan Menteri BUMN Rini Soemarno mengusulkan agar sementara waktu itu, pembebasan lahan untuk jalan tol ditalangi dulu oleh BUJT. Nantinya, dana BUJT itu dapat dikembalikan oleh BLU.

Basuki berujar, surat usulan itu sudah dikirim ke Kementerian Keuangan usai rapat terbatas pekan lalu. Kata dia, usulan itu mendapat dukungan dari Menko Perekonomian dan disetujui Menteri Keuangan. Meski begitu, besaran dana yang akan ditalangi itu belum dibicarakan antara Basuki dan Menkeu.


Basuki mengatakan, dana talangan itu diprioritaskan untuk membiayai pembebasan lahan proyek jalan tol Trans-Sumatra, Trans-Java, dan Trans-Kalimantan. Kata dia, kebutuhan dana pembangunan jalan tol secara keseluruhan sebesar Rp 61 triliun untuk pembangunan sampai 2018. Tahun lalu, biaya pembangunan jalan tol sudah terealisasi Rp 17 triliun dan tahun ini dialokasikan Rp 16 triliun. Perusahaan BUJT yang siap menalangi pembebasan lahan jalan tol adalah Waskita Karya, Jasa Marga, dan Hutama Karya. 


Editor: Rony Sitanggang

  • Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)
  • Badan Layanan Umum (BLU)
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
  • pembebasan lahan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!