BERITA

BI Rate Tetap di Level 6,75 Persen dan BI 7-Day Repo Rate 5,5 Persen

"Salah satu dasar keputusan itu adalah mempertimbangkan besaran inflasi "

BI Rate Tetap di Level 6,75 Persen dan BI 7-Day Repo Rate 5,5 Persen
Logo Bank Indonesia

KBR, Jakarta– Bank Indonesia dalam rapat dewan gubernur memutuskan mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate di level 6,75 persen dan BI 7-day Repo Rate tetap 5,5 persen. Juru bicara BI Tirta Segara mengatakan, keputusan itu diambil karena pertimbangan penurunan harga bahan bakar minyak dan inflasi yang diprediksi terkendali.

"Sejalan dengan rencana reformulasi suku bunga kebijakan yang diumumkan pada tanggal 15 April 2016, Bank Indonesia juga mengumumkan BI 7-day Repo Rate tetap sebesar 5,5 persen. Keputusan itu sejalan dengan upaya untuk mencapai sasaran inflasi 2016 sebesar 4 plus minus 1 persen," kata Tirta di kantornya, Kamis (21/0416).

Tirta mengatakan, keputusan itu mempertimbangkan situasi ekonomi nasional yang stabil. Dia mengatakan, penurunan bahan bakar minyak jenis premium akan meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, kata Tirta, BI juga memprediksi inflasi bulan ini akan stabil, bahkan deflasi. Mengenai nilai tukar rupiah, besarannya juga tetap stabil di kisaran Rp 13.100 sampai Rp 13.200.

Pekan lalu, BI mengumumkan akan mengubah suku bunga acuan dari BI rate yang bertenor 12 bulan menjadi BI 7-day repo rate yang bertenor tujuh hari. Kebijakan itu mulai berlaku pada 19 agustus 2016. Alasannya, dalam kurun lima tahun terakhir, BI rate dianggap kurang ampuh mengendalikan suku bunga antarbank. Sehingga, kebijakan 7-day repo rate akan memperdalam pasar keuangan Indonesia dan sudah jamak diberlakukan bank sentral lain di berbagai negara.  

Editor: Dimas Rizky

  • bank indonesia
  • moneter
  • BI Rate

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!