BERITA

WNI di Aden Berhasil di Evakuasi

Ilustrasi-Militer patroli di Yaman. Foto:Antara

KBR, Jakarta – Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 90 WNI yang berada di Kota Aden, Yaman hari ini. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, sebelumnya tim dari Indonesia kesulitan masuk ke Kota Aden karena situasi keamanan yang belum kondusif. Selain mengevakasi WNI, hari ini tim Indonesia juga menyelamatkan puluhan warga Malaysia dan Thailand yang juga berada di Yaman.

“Jadi Yaman, dengan memanjatkan puji syukur alhamdulillah, warga negara kita yang berada di Aden tadi pagi pukul 07.34 waktu setempat sudah berhasil kita evakuasi menuju Djibaouti dengan menggunakan kapal. Selain WNI kita tersebut yang jumlahnya 90, kita juga sekaligus membantu 67 WN Malaysia dan 3 WN Thailand,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/4/2015).

Retno menambahkan, hingga kini WNI yang sudah keluar dari Yaman sudah lebih dari 1684 orang. Sebanyak 1.000 diantaranya sudah sampai di Indonesia. Sementara 600-an lainnya baru bisa keluar dari Yaman. 

Pemerintah memutuskan untuk mengevakuasi WNI dari Yaman karena daerah tersebut tengah dilanda konflik. Kementerian Pertahanan Arab Saudi minggu lalu melaporkan bahwa sudah lebih dari 500 orang dari kelompok pemberontak Yaman yang tewas dari gempuran serangan udara Arab Saudi dan koalisi Timur Tengah.

Editor: Malika

 

  • #Yaman
  • #WNI
  • #evakuasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!