BERITA

Perjuangkan Palestina, RI Harus Buka Komunikasi dengan Israel

""Yang harus dipikirkan bagaimana kemudian kita berusaha membuka kontak juga dengan pihak yang berseberangan dalam kerangka mendukung perjuangan Palestina.""

Evilin Falanta

Perjuangkan Palestina, RI Harus Buka Komunikasi dengan Israel
Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi (depan tengah) dan Menteri BUMN Rini Sumarno (depan kiri) berfoto bersama peserta Pertemuan Tingkat Menteri Asia Afrika sebelum pembukaan di Jakarta Convention Ce

KBR, Jakarta - Pengamat Politik Timur Tengah Broto Wardoyo menilai pemerintah Indonesia harus berani membuka komunikasi dengan Israel untuk membantu kemerdekaan Palestina. Menurut Broto, Indonesia termasuk negara yang memiliki kekuatan politik di PBB untuk wilayah Asia.

"Kalau kita mengatakan bahwa kami akan ikut serta dalam perundingan dan proses penyelesaian, kita tidak bisa hanya bicara dengan Palestina, bahwa posisi kita mendukung Palestina iya, sampai kapan pun itu akan tetap seperti itu," katanya saat diwawancara KBR, Selasa (21/5/2015).


Karena itu, Indonesia bisa membangun komitmen politik yang kuat dengan negara Asia-Afrika untuk melakukan bloking politik memperjuangkan kemerdekaan Palestina.


"Yang harus dipikirkan bagaimana kemudian kita berusaha membuka kontak juga dengan pihak yang berseberangan dalam kerangka mendukung perjuangan Palestina. Ini yang tidak bisa dilakukan Indonesia karena biasanya ada suara-suara di publik yang menentang karena menganggap kalau kita berhubungan dengan Israel ada pengakuan terhadap Israel. Jadi, harus ada pembelaan yang tegas di situ," tambahnya.


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerukan kepada seluruh menteri luar negeri seAsia-Afrika untuk bersatu mendukung kemerdekaan Palestina. Retno mengatakan, dukungan itu utamanya dalam hal pembangunan kapasitas sumber daya manusia. Dalam konteks ini Indonesia sangat percaya kesiapan rakyat Palestina untuk menjalankan pemerintahan sepenting meraih kemerdekaan itu sendiri.



Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • Palestina
  • Israel

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Dirman9 years ago

    Indonesia harus punya kekuatan politik untuk mendukung palestina jika palestina sudah berdaulat maka alutsista palestina harus dimulai dengan kerja keras indonesia harus membantu palesti na sejumlah alat pertahanan agar israel tidak mudah mencoroboh kedaultan palestina