BERITA

Pemerintah Upayakan Evakuasi WNI di Yaman Barat

"Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, proses evakuasi di daerah tersebut tergolong sulit. Dia mengatakan kondisi keamanan serta keterbatasan transportasi pengangkut W"

Pemerintah Upayakan Evakuasi WNI di Yaman Barat
ilustrasi (foto: Antara)

KBR, Jakarta- Kementerian Luar Negeri menyatakan tengah fokus mengevakuasi WNI di wilayah barat Yaman. 

Sebab kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, proses evakuasi di daerah tersebut tergolong sulit. Dia mengatakan kondisi keamanan serta keterbatasan transportasi pengangkut WNI menjadi kendala utama.

"Kondisi keamanan dan ketersediaan alat-alat transport untuk evakuasi, saat ini kita bayar untuk mobil itu sangat mahal bahkan walaupun kita bayar sangat mahal kadang-kadang tidak ada bus untuk mengangkut mereka,” kata Iqbal kepada KBR, Senin (13/4/2015). 

“Tampaknya, untuk evakuasi di wilayah barat setidaknya sekarang fokus kita lebih mengatasi kendala-kendala keamanan ini. Jadi kita coba mengkontak dengan semua pihak.” 

Muhammad Iqbal menambahkan, proses evakuasi akan terus dilakukan selama masih ada WNI yang meminta bantuan kepada KBRI. 

Kementerian Luar Negeri mencatat dari total 4000-an WNI di Yaman, lebih dari 1500 di antaranya telah dievakuasi. Operasi evakuasi Yaman melibatkan lima Perwakilan RI, yaitu KBRI Sanaa, KBRI Riyadh, KBRI Muscat, KBRI Addis Ababa yang merangkap Djibouti dan KJRI Jeddah.

Editor: Antonius Eko 

 

  • yaman
  • wni

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!