BERITA

Menteri Susi Didesak Keluarkan PP Larangan Impor Bahan Baku dari PNG

"Menurut KIARA imbauan Susi kepada Gubernur Papua larang impor dari Papua Nugini dan Timor Leste akan diikuti bila berbentuk peraturan resmi."

Menteri Susi Didesak Keluarkan PP Larangan Impor Bahan Baku dari PNG
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: ANTARA)

KBR,Jakarta - Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menyebut Kementerian Kelautan dan Perikanan perlu meningkatkan status kebijakannya dari imbauan menjadi Peraturan Pemerintah atau Peraturan Presiden. Sekjen KIARA, Abdul Halim mengatakan, imbauan Susi kepada Gubernur Papua untuk tidak memberikan izin impor dari Papua Nugini dan Timor Leste akan diikuti bila berbentuk peraturan resmi.

"Itu kan fokus Jokowi JK. Tapi kalau mau mengamankan sumberdaya maritim dengan sebatas imbauan, sama saja dengan kepala RT. Tidak akan diikuti," kata Abdul Halim saat dihubungi KBR, Kamis (30/4/2015).


Kemarin Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengimbau Gubernur Papua untuk tidak memberikan izin impor bahan baku dari Papua Nugini dan Timor Leste. Sebabnya, nelayan dari kedua negara itu kerap mencuri ikan di perairan Indonesia dan menjual hasilnya ke wilayah Papua. Pemprov Papua mengklaim siap mengikuti imbauan tersebut. Namun Juru bicara Pemprov Papua Lamadi de Lamanto meminta Susi menemui Gubernur Papua untuk membicarakannya lebih rinci.


Editor: Dimas Rizky

  • KIARA
  • Larangan Impor
  • Papua
  • Menteri Susi
  • Timor Leste

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!