BERITA

KY: Hakim Berhak Dapat Fasilitas Rumah, Kendaraan, Keamanan

""Idealnya itu ya sama seperti Hakim Agung. Hakim Agung kan dapat perumahan, mobil, hakim di bawahnya juga begitu. Mungkin tidak sama persis nilainya..""

Gun Gun Gunawan

KY: Hakim Berhak Dapat Fasilitas Rumah, Kendaraan, Keamanan
Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial (KY) Harkristuti Harkrisnowo (keempat kiri), bersama Sekretaris Panitia Cecep Sutiawan (kiri), serta anggota Panitia Ahmad Fikri Assegaf (

KBR, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) meminta pemerintah segera meningkatkan kesejahteraan hakim. Anggota KY, Taufiqurohman Syahuri mengatakan, kesejahteraan hakim sudah tertuang dalam UU jabatan dan PP 94/2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim.

"Idealnya itu ya sama seperti Hakim Agung. Hakim Agung kan dapat perumahan, mobil, hakim di bawahnya juga begitu. Mungkin tidak sama persis nilainya," kata Taufiqurohman Syahuri di kantornya.


Kata dia, hakim berhak mendapatkan fasilitas berupa rumah dan kendaraan dinas, serta fasilitas keamanan berupa pengawalan polisi jelang sidang. Hal tersebut kata dia sudah disampaikan kepada Wapres Jusuf Kalla awal bulan lalu.


"Tapi ide dari KY itu misalnya dalam satu pengadilan ada apartemen atau rumah susun. Sehingga hakim tinggal masuk saja," katanya.


Anggota KY, Taufiqurohman Syahuri menambahkan, fasilitas tersebut harus dipenuhi sesuai dengan kemampuan negara. Untuk itu, beberapa waktu lalu pimpinan KY mendatangi Wapres Jusuf Kalla untuk mengetahui kemampuan pemerintah saat ini. Selain itu, Komisi Yudisial meminta pemerintah mendukung Rancangan Undang-Undang Jabatan Hakim yang pembahasannya telah masuk Program Legislasi Nasional (prolegnas) tahun 2015-2019.




Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • hakim agung
  • komisi yudisial

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!