BERITA

HRWG Kritik Langkah Indonesia Tangani WNI yang Terancam Hukuman Mati

HRWG Kritik Langkah Indonesia Tangani WNI yang Terancam Hukuman Mati

KBR, Jakarta - LSM HAM Human Rights Working Group (HRWG) mempertanyakan upaya pemerintah menangani kasus WNI yang terancam hukuman mati di luar negeri. Menurut Direktur Eksekutif HRWG, Rapendi Djamin, pemerintah seharusnya tidak kecolongan saat memberikan pendampingan terhadap terpidana mati.

Kata dia, eksekusi mati mendadak ini seharusnya membuat pemerintahan Jokowi mengakhiri praktik hukuman mati di Indonesia. Ini perlu dilakukan agar Indonesia punya legitimasi memperjuangkan warga negaranya yang menghadapi hukuman mati di luar negeri.

“Kami mengecam pemerintah Saudi Arabia yang tidak menghargai hubungan baik dengan pemerintah Indonesia, tidak memberikan notifikasi kepada KBRI di Arab. Penyesalan juga dialamatkan kepada pemerintah Indonesia kenapa bisa sampai kecolongan dalam pengawalan dan pendampingan terpidana mati khususnya terkait masyarakat WNI di luar negeri," jelas Rapendi Djamin saat dihubungi KBR, Rabu (15/4/2015).

Rapendi Djamin juga mendesak pemerintah untuk memanggil Duta Besar Saudi Arabia di Jakarta untuk meminta penjelasan terkait eksekusi ini. Selain itu, pemerintah wajib mendesak Arab Saudi untuk meminta maaf, termasuk kepada keluarga Siti Zainab yang telah diesekusi.

Editor: Antonius Eko  

  • TKI
  • Arab Saudi
  • siti zaenab
  • HRWG

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • andrhe9 years ago

    Tolong beri contoh kasusnyaaa

  • andrhe9 years ago

    Tolong beri contoh kasusnyaaa