BERITA

Indonesia Apresiasi Komitmen Thailand Berantas Illegal Fishing

" Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, Indonesia dan Thailand telah menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama memberantas illegal fishing. "

 Indonesia Apresiasi Komitmen Thailand Berantas Illegal Fishing
ilustrasi (foto: Antara)

KBR,Jakarta - Pemerintah Indonesia menyebut Thailand akan memonitor kapal-kapal milik warganya dengan teknologi. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada kapal Thailand yang melakukan aktivitas ilegal di wilayah perairan Indonesia. 

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, Indonesia dan Thailand telah menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama memberantas illegal fishing.

"Komitmen Thailand untuk melawan iuu fishing, itu sangat optimal. Mereka terus melakukan monitoring kapal-kapal ikan mereka dan segera dipasang 7 ribu VMS (vessel monitoring system) atau tracking system di kapal-kapal ikan mereka. Sehingga semua yang dilaksanakan adalah kegiatan legal bukan ilegal," kata Indroyono saat konferensi pers di JCC Senayan, (21/4/2015).

Indroyono Soesilo menambahkan, selain Thailand, negara-negara lain juga mendukung program kemaritiman dalam Konferensi Asia Afrika. Ia mencontohkan, Filipina, Malaysia, Kepulauan Solomon dan Papua Nugini sepakat bekerja sama dalam penyelamatan terumbu karang. 

Selain itu, negara seperti Madagascar, Singapura dan Afrika Selatan menyatakan komitmennya untuk mendukung inisiatif Indonesia mengembangkan Blue Economy.

Editor: Antonius Eko  

  • pencurian ikan
  • Thailand

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!