NASIONAL

Wilfrida Bebas Bukan Karena Prabowo

"Media, masyarakat dan DPR berperan aktif mengawal kasus ini."

Wilfrida Bebas Bukan Karena Prabowo
pembebasan Wilfrida, Prabowo pembebasan TKI Wilfrida

KBR68H, Jakarta – LSM Migrant Care menyatakan bebasnya buruh migrant Wilfrida Soik dari hukuman mati bukanlah hasil kerja satu pihak. Direktur Migrant Care Malaysia Alex Ong mengatakan, sejak kasus Wilfrida bergulir, anggota DPR, media serta masyarakat turut berperan aktif untuk mengawal kasus dan mencoba membebaskan Wilfrida. 


Alex juga membantah klaim kalau Prabowo Subianto lah yang paling berjasa dalam putusan bebas pengadilan Malaysia bagi Wilfrida. Apalagi, kata Alex,  Prabowo baru masuk ke kasus ini September 2013 lalu. 


“Kalau dari pandangan saya, selama perjalanan proses hukum itu ada sedikit sumbangannya. Jadi mungkin sumbangan Prabowo adalah mendapatkan perhatian media, tapi beliau juga mempunyai sumber eksploitasi situasi kondisi politik dalam Pemilu kali ini,” kata Alex ketika dihubungi KBR68H hari ini (8/4) untuk program Sarapan Pagi.


(baca: Prabowo Tak Janji Bantu Buruh Migran Lain)


Setelah Wilfrida diputus bebas, jaksa penuntut belum memutuskan apakah akan mengajukan banding atau menerima vonis. Jaksa masih menunggu berkas putusan dari pengadilan. 


Pengadilan Malaysia membebaskan Wilfrida Soik dari dakwaan membunuh majikannya pada 2010. TKI asal Nusa Tenggara Timur ini dibebaskan karena masih di bawah umur dan terbukti mengalami gangguan kejiwaan. Pengadilan Malaysia juga menyimpulkan kalau Wilfrida telah menjadi korban perdagangan manusia. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


  • pembebasan Wilfrida
  • Prabowo pembebasan TKI Wilfrida

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!