NASIONAL

Migrant Care : Keterlibatan Prabowo Dalam Kasus Wilfrida Sangat Politis

"LSM Migrant Care menegaskan keberhasilan membebaskan TKI Wilfrida Soik dari hukuman mati bukan hasil kerja satu pihak."

Migrant Care : Keterlibatan Prabowo Dalam Kasus Wilfrida Sangat Politis
Wilfrida Soik, Migrant Care, Prabowo

KBR68H Jakarta - LSM Migrant Care menegaskan keberhasilan membebaskan TKI Wilfrida Soik dari hukuman mati bukan hasil kerja satu pihak. Direktur Migrant Care Malaysia Alex Ong mengatakan sejak kasus Wilfrida bergulir, berbagai pihak seperti LSM, pemerintah, anggota DPR, media serta masyarakat turut berperan aktif mengawal kasus ini. 

Alex membantah Prabowo Subianto sebagai orang yang paling berperan dan berjasa dalam pembebasan TKI asal NTT tersebut di  pengadilan Malaysia. Menurutnya capres yang diusung Partai Gerindra tersebut  baru ikut terlibat membantu pembebasan Wilfrida sejak  September tahun lalu. Ia menegaskan keterlibatan Prabowo sarat dengan kepentingan politik jelang pemilu.


"Kalau dari pandangan saya,selama perjalanan proses hukum itu, memang ada sedikit sumbangannya tetapi sesignifikan yang diklaim oleh kelompok-kelompok tersebut. Jadi mungkin sumbangan prabowo ialah mendapat perhatian media tetapi beliau itu juga mempunyai unsur-unsur eksploitasi situasi kondisi politik dalam pemilu kali ini," kata Alex Ong, (8/4).


Direktur Migran Care Malaysia Alex Ong menambahkan saat ini pihak jaksa penuntut belum memutuskan apakah akan mengajukan banding atau menerima vonis atas pembebasan Wilfrida. Menurutnya, pihak jaksa masih menunggu pengiriman berkas putusan dari pengadilan.


Sebelumnya, pengadilan Malaysia membebaskan Wilfrida Soik dari dakwaan membunuh majikannya tahun 2010. Alasannya perempuan tersebut mengalami gangguan kejiwaan ketika membunuh.  Selain itu, pengadilan negeri jiran  juga menyimpulkan bahwa Wilfrida merupakan korban perdagangan manusia.(baca : TKI Wilfrida Lolos Hukuman Mati di Malaysia)


Editor : Sutami

  • Wilfrida Soik
  • Migrant Care
  • Prabowo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!