NASIONAL

Memahami Autisme Melalui Film

"Memahami austisme bisa lewat banyak cara. Membaca buku atau berdiskusi dengan orangtua yang memiliki anak autis bisa membuka pemahaman kita terhadap austisme. Ada satu cara lain yang bisa digunakan yaitu menonton film yang menampilkan karakter penyandang "

Memahami Autisme Melalui Film
autis, film

Memahami austisme bisa lewat banyak cara. Membaca buku atau berdiskusi dengan orangtua yang memiliki anak autis bisa membuka pemahaman kita terhadap austisme. Ada satu cara lain yang bisa digunakan yaitu menonton film yang menampilkan karakter penyandang autis. 


Situs Autism-world merekomendasikan 10 film yang layak ditonton oleh para orangtua yang memiliki anak autis dan masyarakat pada umumnya. Para aktor dan aktris di film ini menunjukkan akting yang luar biasa dalam perannya sebagai orang autis. 


1. Rain Man (Sutradara: Barry Levinson. Pemain: Dustin Hoffman dan Tom Cruise) 


Rain Man meraih Oscar untuk film, sutradara, naskah dan aktor terbaik (Dustin Hoffman) pada 1988. Kisahnya sangat menyentuh, Mengenai hubungan dua saudara, penyandang austis  (Dustin Hoffman), yang mendapat warisan 3 juta dolar dari ayah mereka, dengan sang adik (Tom Cruise). Mereka melakukan perjalanan melintasi Amerika Serikat untuk belajar saling memahami. 



2. Mozart and The Whale (sutradara: Peter Naess. Pemain: Josh Hartnett, Radha Mitchell) 


Film ini berkisah sepasang kekasih yang mengidap sindrom asperger, kasus ringan dari austis. Mereka menjadi berbeda dengan pasangan-pasangan lain. Kondisi ini membuat hubungan cinta mereka makin rumit. Meski demikian, film ini tetap indah untuk ditonton. 



3. What’s Eating Gilbert Grape? (sutradara; Lasse Hallstrom. Pemain: Johnny Depp, Leonardo DiCaprio, Juliette Lewis, Mary Steenburgen) 


Fim ini menjadi favorit banyak orang. Berkisah mengenai kesetiaan keluarga, kesedihan dan kekuatan cinta. Aktor yang paling bersinar di film ini adalah Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai anak autis, Arnie. Sementara Deep berperan sebagai kakak Arnie. Keduanya mampu menggambarkan hubungan kakak-adik yang sangat kuat. 




4. Killer Diller (sutradara: Tricia Brock. Pemain: Lucas Black, Fred Willard, William Lee Scott, Ashley Johnson) 


Film ini diangkat dari novel terkenal karya Clyde Edgerton. Ceritanya mengenai pertemuan seorang pencuri mobil yang mahir main gitar Wesley Benfield dengan Vernon, yang  menyandang austis tapi hebat main piano. Keduanya sepakat membentuk band Blues Killer Diller. 


5. The Boy Who Could Fly (sutradara: Nick Castle. Pemain: Jay Underwood, Lucy Deakins, Fred Savage) 


Seorang remaja autis tinggal dengan pamannya setelah kedua orangtunya meninggal dalam kecelakaan pesawat udara. Dia berteman dengan gadis tetangga yang menjadi tutor dan banyak membantunya belajar. Banyak orangtua yang memiliki anak autis menyebut anak di film itu mirip dengan anak-anak mereka. 



6. Mercury Raising (Sutradara: Harold Becker. Pemain: Bruce Willis, Alec Baldwin, Miko Hughes) 


Anak autis berusia 9 tahun punya kemampuan hebat untuk memecahkan semua kode rahasia. Dia menjadi sasaran pembunuhan setelah sukses memecah kode milik pemerintah. Bruce Willis, sebagai jagoan di film ini, melindungi sang anak dari bahaya. Orangtua anak itu dibunuh oleh agen pemerintah. Dia selalu mengulang kata-kata dan menghindari kontak mata. 



7. Relative Fear (Sutradara: Georges Mihalka, Pemain: Jason Blicker, James Brolin, Denise Crosby, Darlanne Fluegel, Linda Sorenson) 


Ini adalah film bergenre triller. Ada beberapa adegan mengerikan, tapi tak terlalu banyak darah. Bercerita tentang remaja autis yang suka menonton acara kriminal di tv. Dia dituding terlibat dalam serangkaian pembunuhan yang terjadi di lingkungannya. Akhir dari film ini sangat mengejutkan. 



8. David’s Mother. (Sutradara: Robert Allan Ackerman. Pemain: Kirstie Alley, Sam Waterston, Stockard Channing, Michael A. Goorjian, Chris Sarandon. 


Seorang ibu yang memiliki anak austis setelah melihat film ini menyatakan kisahnya mirip dengan kehidupan yang dijalaninya. Film David’s Mother sangat direkomendasikan untuk orangtua dengan anak austis, keterbelakangan mental atau kasus-kasus difabel lainnya. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari film ini. 



9.  Imagination. (Sutradara:  Eric Leiser. Pemain: Ed Gildersleeve, Nikki dan Jessi Haddad, Courtney Sanford


Dua gadis kembar bernama Anna, yang mengidap sindrom Asperger, tak mampu menghadapi kenyataan atas keputusan sang ayah untuk pergi meninggalkan keluarga. Keduanya makin dalam masuk ke dunia imaginasi. 


10. Miracle Run. (Sutradara: Gregg Champion. Pemain: Mary-Louise Parker, Aidan Quinn)


Seorang ibu harus menghadapi kenyataan bahwa anak kembarnya menyandang austis. Sementara suaminya tak siap dengan kondisi ini dan memutuskan pergi dari rumah. Film ini bercerita tentang cinta luar biasa sang ibu terhadap anak-anaknya. Film yang sangat menyentuh. 




  • autis
  • film

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!